Liga Indonesia

Bikin Semen Padang Gigit Jari, Kongres PSSI Resmi Tolak Format 20 Klub di Liga 1

  • Keinginan Semen Padang untuk tetap berlaga di Liga 1 2018 sirna sudah.
  • Kongres PSSI tetap mempertahankan format kompetisi dengan 18 peserta. 
Sabtu, 13 Januari 2018 17:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption

Keinginan Semen Padang untuk tetap berlaga di Liga 1 2018 sirna sudah. Hal itu terjadi setelah semua peserta kongres memilih menolak keinginan atau pengajuan perwakilan tim Kabau Sirah agar liga musim depan ditambahkan menjadi 20 hingga 24 klub.

Perwakilan Semen Padang melalui Direktur Umum PT Kabau Sirah Semen Padang ( KSSP), Rinold Thamrin, saat kongres tahunan, Sabtu (13/01/18) mengajukan agar PSSI mempertimbangan Liga 1 menjadi 20-24 tim layaknya liga teratas liga Eropa. 

"Kami mengajukan agar mempertimbangkan Liga 1 kalau bisa 20 klub seperti Liga Spanyol, Inggris, Jerman dan lainnya," ucapnya dalam kongres.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Edy Rahmayadi saat membuka Kongres PSSI Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTEdy Rahmayadi saat membuka Kongres PSSI

Namun, harapan Semen Padang langsung sirna ketika semua peserta kongres memilih tidak ingin bermain dengan 20 klub. Hal itu kembali dipertegas dengan ketukan palu dari ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi. 

"Sudah diputuskan kita itu Liga 1 itu degradasi tiga klub dan naik tiga dari liga 2 dan itu hasil musyawarah kita tahun lalu," ucap Edy.

"Nah kalo mau bikin 20 itu tidak baik, karena dibutuhkan kajian yang lebih lagi terutama dari hal keuangan," katanya.

Sebelumnya Semen Padang masih menyimpan harapan untuk tetap bertahan di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia. Asa itu ada terkait perubahan format kompetisi dari satu wilayah menjadi dua wilayah.