Liga Indonesia

PSM 4-0 Home United: Juku Eja Singkirkan Finalis Piala AFC 2017 di Super Cup Asia

Sabtu, 20 Januari 2018 04:29 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Isman Fadil
© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Jumpa pers antara PSM Makassar vs Home United di Laga Perdana Super Cup Asia. Copyright: © Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Jumpa pers antara PSM Makassar vs Home United di Laga Perdana Super Cup Asia.

PSM Makassar berhasil mengalahkan klub Singapura, Home United 4-0 di laga perdana Super Cup Asia di Stadion Andi Matalatta, Makassar. Jum'at (19/01/18) malam. Deretan gol kemenangan masing masing dilesakkan oleh brace Guy Junior, Marc Anthony Klok dan Zulham zamrun. 

Menghadapi runner-up Piala AFC 2017 lalu, PSM secara keseluruhan menguasai jalannya pertandingan. Terbukti laga baru berjalan 13 menit, pemain anyar tim Juku Eja, Guy Junior mampu membawa unggul 1-0. 

Gol ini diciptakan setelah menerima umpan dari sisi kanan, Guy Junior mencari ruang tembak dan melepas sepakan melengkung ke tiang jauh tanpa mampu dihalau Rudy Khairullah.

PSM kembali menambah keunggulan menjadi 2-0, lagi-lagi yang menjadi aktor adalah Guy Junior setelah dijatuhkan dalam kotak penalti. Marc Anthony Klok yang maju sebagai algojo mampu memaksimalkan bola tersebut menjadi gol pada menit ke-45. 

Hingga turun minum, kedudukan 2-0 untuk PSM Makassar tidak berubah. Klub berjuluk The Protectors itu bahkan tidak memiliki peluang berarti pada babak pertama. 

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
PSM Makassar vs Home United Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTPSM Makassar vs Home United

Memasuki babak kedua, tuan rumah kembali memberikan tekanan, marquee player Juku Eja, Wiljan Pluim nyaris saja mencatatkan namanya di papan skor. Hanya saja tendangan kerasnya masih mampu diamankan Rudy Khairullah.

Home United yang tidak banyak mendapat peluang pada babak pertama akhirnya mampu memberikan ancaman. Namun sepakan keras Hafiz Nor pada menit ke-59 masih melebar dari gawang PSM yang dikawal Rivky Mokodompit. 

Memasuki menit 62, Guy Junior kembali mencetak gol keduanya. Mantan pemain Bhayangkara FC tersebut memanfaatkan kesalahan umpan back pass Rudy Khairullah, dengan tenang langsung menyambar bola ke gawang yang sudah kosong. Skor 3-0 untuk PSM Makassar. 

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
PSM Makassar vs Home United Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTPSM Makassar vs Home United

Empat menit waktu normal berakhir, Zulham zamrun yang masuk menggantikan Bruce Djite melengkapi keunggulan PSM Makassar menjadi 4-0. Zulham mencetak gol pada menit 86 melalui sepakan keras dari luar kotak pinalti. 

Hasil ini membuat PSM Makassar melaju ke babak final turnamen yang menganut sistem gugur ini. Tim Juku Eja akan berjumpa klub Kamboja MND FC yang lebih dulu melaju setelah mengalahkan klub Australia dengan skor 4-3. 

Susunan Pemain Kedua Tim

PSM Makassar (4-4-2):Rivky Mokodompit (GK); Zulkifli Syukur (C), Abdul Rahman, Steven Paulle, Wasyiat Hasbullah; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim, M Rahmat; Guy Junior, Bruce Djite

Home United (4-4-2): Rudy Khaerullah (GK); Juma’at bin Jantan, Abdil Kayyim bin Muthalib, Muhammad Aqhari, Camara Sirina; Iqram Rifki, Annmanthan Mohan, Izzdin Shafiq, Song Ui-Young; Amy Recha Pristifana, Moh Hafiz bin Mohammad Nor.

12