In-depth

Menilik Perjalanan Spiritual 6 Pesepakbola Asing yang Jadi Mualaf di Indonesia

Senin, 22 Januari 2018 15:48 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain asing yang jadi mualaf di Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain asing yang jadi mualaf di Indonesia.

Negara kita Indonesia tidak bisa dipungkiri merupakan negara mayoritas muslim terbesar di dunia. Survei yang dilakukan The Pew Forum on Religion & Public Life pada 2010 lalu bahkan menyatakan persentase muslim Tanah Air mencapai 12,7 persen dari populasi dunia.

Kondisi tersebut pun membuat nuansa ajaran-ajaran Islam yang tertuang dalam Al-Quran begitu kental dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Hampir seluruh aspek kehidupan di Tanah Air memiliki nuansa Islam yang kental, tidak terkecuali di dunia olahraga, khususnya sepakbola.

Ketaatan sejumlah pesepakbola muslim Tanah Air menjalankan ajaran Islam, seperti menjalankan salat lima waktu dan tetap berpuasa meski bertanding, membuat ajaran Islam bisa berjalan beriringan dengan profesi pesepakbola.

© INTERNET
Pose skuat timnas U-19 usai melaksanakan ibadah sholat ied di perayaan Idul Adha 1437 H. Copyright: INTERNETIndonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.

Menariknya, kondisi tersebut bisa memberi pengaruh pada perjalanan religius pesepakbola asing yang berkesempatan merumput di Indonesia. Pengalaman-pengalaman mereka tersebut pun membuat mereka pada akhirnya mantap mengucapkan dua kalimat syahadat dan memutuskan menjadi seorang muslim.

Masing-masing dari mereka pun mempunyai alasan yang berbeda untuk memilih melepas kepercayaan lamanya dan beralih menjadi seorang muslim. Ada yang karena merasa damai melihat rekan-rekan satu timnya saat hendak berangkat salat berjamaah, hingga karena memang sudah sejak lama ingin memeluk agama Islam.

INDOSPORT coba sajikan pengakuan para pesepakbola asing yang pernah merumput di Tanah Air dan kini telah menjadi seorang mualaf. Berikut pemaparannya: