Liga Indonesia

Bala Singandaru, Barisan Terdepan Perserang Serang

Senin, 22 Januari 2018 16:19 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Twitter
Bala Singandaru Copyright: © Twitter
Bala Singandaru

Perserang adalah salah satu klub sepakbola yang berasal dari Serang, Banten. Perserang kini bermain untuk Liga 2 Indonesia. Perserang menjadi klub sepakbola kebanggan warga Serang saat ini.

Meski tak hanya satu klub sepakbola di tanah Banten, Perserang menjadi klub yang paling banyak miliki fans. Bala Singandaru, adalah barisan terdepan yang siap menemani Perserang disetiap laganya. Balsing, nama supporter klub itu biasa disingkat didirikan sejak 2004 silam oleh warga Serang.

Pada Agustus 2017 lalu, Balsing memasuki usia ke-13 tahun. Kumpulan suporter klub ini sudah mengalami pasang surut dalam mengarungi perjalanan sejak berdirinya. Namun kini, perjuangan mereka tak sia-sia karena terbukti tim kesayangannya bisa sampai ke Liga 2.

Bahkan lewat CEO Perserang, Babay Karnawi, menyebutkan bahwa tim yang berjuluk Singa Ndaru ini siap bersaing di Liga 2 2018 demi merebut tahta di Liga 1.

Saat ini, Balsing yang diketuai oleh Daeng Djago ini telah memiliki tiga perwakilan wilayah. Tiga Korwil tersebut berasal dari Serang bagian Barat, Tengah, dan Timur. Tiga korwil itu membawahi 40 sub korwil dan setiap 1 korwil menaungi beberapa kecamatan. Sehingga berdasarkan data terakhir, keanggotaan Balsing sudah mencapai sekitar 4 ribu orang. 

© Twitter
Bala Singandaru Copyright: TwitterBala Singandaru

Berkat kegigihan dan kerjasama para Bala Singandaru isin pertandingan Perserang vs Persika Karawang dikeluarkan. Pada bulan Juli 2017 lalu, Bala Singandaru lewat Humasnya, Afrian Mahmud mengeluarkan surat yang berisi perjanjian supporter yang sebelumnya berkoordinasi dengan Polda Banten.

Akibat kegigihan Bala Singandaru, pertandingan tersebut dapat terlaksana dan tak terjadi apa-apa di pelaksanaannya. Aksi para Balsing ini kala menonton laga di stadion juga tak kalah menarik. Berikut salah satu aksi Bala Singandaru kala menyaksikan laga tim kesayangannya Perserang, di Stadion Maulana Yusuf kota Serang.

38