Bola Internasional

Nguyen Quang Hai, 'Aktor' Penting Keberhasilan Vietnam Tembus Final Piala Asia U-23

Selasa, 23 Januari 2018 21:15 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© thethaovanhoa.vn
Park Hang-seo, Pelatih Timnas Vietnam asal Korea Selatan. Copyright: © thethaovanhoa.vn
Park Hang-seo, Pelatih Timnas Vietnam asal Korea Selatan.

Vietnam U-23 secara mengejutkan berhasil lolos ke babak final Piala Asia U-23. Anak asuh, Park Hang-seo ini menang di babak adu penalti setelah sukses menahan imbang 2-2 tim kuat Qatar U-23 dalam 120 menit waktu normal. Gelandang Nguyen Quang Hai menjadi 'aktor' kunci yang mencetak dua gol penting untuk timnas Vietnam.

Pemain Hanoi T&T FC ini layak disebut menjadi pahlawan keberhasilan Vietnam lolos ke partai puncak Piala Asia U-23 untuk yang pertama kalinya dalam sejarah. Peraih Vietnamese Golden Ball dan Bronze Ball Male 2017 ini berperan penting membangkitkan semangat rekan setimnya lewat dua gol penyelamat pada menit-menit krusial di Changzhou Olympic Sports Centre, China.

© Nguyen Quang Hai (gettyimages)
Nguyen Quang Hai Copyright: Nguyen Quang Hai (gettyimages)Nguyen Quang Hai (Gelandang Vietnam u23)

Vietnam sempat tertinggal satu gol pada babak pertama. Beruntung, Nguyen Quang Hai berhasil mencetak gol penyeimbang pada awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-69.

Tak sampai di situ, Quang Hai kembali sukses menjadi pahlawan saat ia menyamakan kedudukan pada menit ke-89, setelah sebelumnya Qatar mampu mencetak gol pada menit ke-87 melalui Almoez Ali.

Nguyen Quang Hai, patut menjadi pahlawan bagi masyarakat Vietnam dan Asia Tenggara secara umum. Penampilan moncernya pada laga semifinal kontra Qatar berhasil mengantar The Golden Star melaju ke babak final.

Pada laga final, Vietnam akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23, yang mengalahkan Korea Selatan U-23 dengan skor 4-1 melalui babak tambahan waktu. Laga final akan dimainkan di Changzhou Olympic Sports Centre, Sabtu (27/01/18).

© Nguyen Quang Hai (gettyimages)
Nguyen Quang Hai Copyright: Nguyen Quang Hai (gettyimages)Nguyen Quang Hai
1K