Bola Internasional

Tragedi Gempa Paling Menggemparkan di Jagat Sepakbola Dunia

Rabu, 24 Januari 2018 21:46 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Kemarin, Kamis (23/1/18) gempa berkekuatan 6,1 skala Richter yang berasal dari Lebak, Banten, mengguncang Jakarta dan beberapa wilayah Jawa Barat seperti Bandung dan Garut. 

Masyarakat berhamburan dari luar gedung memenuhi jalan-jalan. Hal ini bisa terlihat dari berbagai unggahan warganet di media sosial. Meski demikian gempa ini memang belum seberapa dibandingkan gempa berkekuatan 9,3 skala Richter yang pernah mengguncang dasar laut barat daya Sumatera dan mengakibatkan Tsunami di Aceh.

Tak hanya Indonesia, beberapa negara seperti Thailand, Sri Lanka, dan India juga terkena dampak dari gempa ini. Karenanya ini menjadi salah satu gempa terhebat yang bakal diingat dunia.

© Mexico News Network
Gempa Meksiko 1985 Copyright: Mexico News NetworkGempa Meksiko 1985

Namun ada satu lagi gempa yang tak hilang dari memori masyarakat sejagat, terutama penggemar sepakbola. Gempa ini bahkan hampir membubarkan perhelatan Piala Dunia, ajang yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar olahraga kulit bundar sejagat.

Dikutip dari Footballhistory, penyelenggaraan Piala Dunia pada 1986 di Meksiko akan selalu terkenang oleh masyarakat seantero bumi. Ini lantaran ada kejadian mengerikan sebelum perhelatan dimulai. Apalagi kalau bukan gempa besar sebelum memasuki tahun tersebut.

Gempa terjadi pada September 1985 dengan kekuatan 8,1 skala Richter terjadi di pesisir barat dekat Ibu Kota Mexico City. Gempa tersebut sangat mematikan dan membunuh sekitar 20 ribu orang dan jutaan lainnya terluka berat. Beberapa tempat lain juga merasakan dampak luar biasa yakni Ciudad Guzman, Kota Pesisir Pasifik Lazaro Cardenas, Iztapa, dan La Union, demikian Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

© Banderas News
Gempa Meksiko 1985 Copyright: Banderas NewsGempa Meksiko 1985

Tak hanya bangunan yang luluh lantak, stadion-stadion yang digunakan untuk perhelatan Piala Dunia 1986 hancur berantakan. Benar-benar pekerjaan rumah besar untuk membangunnya kembali dalam beberapa bulan sebelum ajang itu digelar.

Syukurlah, berkat bantuan berbagai pihak terutama Federasi Sepakbola Dunia, stadion-stadion mulai diperbaiki dan selesai pada waktunya. Di Piala Dunia 1986 ini jugalah, Gol Tangan Tuhan milik Diego Maradona tercipta. Jika saja perhelatan tersebut tak jadi diadakan, maka gol fenomenal tersebut tak akan pernah ada.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETGol Tangan Tuhan Diego Maradona di Piala Dunia 1986