Liga Indonesia

Head to Head Dua Stadion di 2 Kota Penyangga Ibu Kota

Rabu, 24 Januari 2018 20:44 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Stadion Benteng vs Stadion Persita. Copyright: © INDOSPORT
Stadion Benteng vs Stadion Persita.

Tangerang tak hanya dikenal sebagai kota penyangga bagi ibukota Jakarta. Tangerang juga dikenal karena kiprah dua klub sepakbolanya yaitu Persita Tangerang dan Persikota Tangerang. 

Kedua klub tersebut menjadi klub yang dapat dibanggakan oleh masyarakat Tangerang. Kedua klub tersebut mengusik kenyamanan klub-klub besar seperti Persija Jakarta, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya di era 90-an hingga 2000-an. 

Persita menjadi runner up Liga Indonesia pada tahun 2002 dengan Ilham Jayakesuma sebagai pencetal gol terbanyak. Persita menggoyahkan dominasi Persija Jakarta dan PSM Makassar di dua musim sebelumnya. Sebelumnya pada tahun 1999-2000, Persita meraih tiket promosi ke Divisi Utama usai menjadi juara Divisi Satu. 

Sedangkan saudara mudanya Persikota Tangerang juga punya catatan mentereng. Persikota mendapat julukan 'Bayi Ajaib'. Julukan tersebut bukannya tanpa alasan. Kiprah Persikota memang terbilang bagus meskipun klub tersebut baru dibentuk pada tahun 1994. 

Persikota pertama kali mengikuti kompetisi resmi PSSI di Liga Indonesia tahun 1995-1996.  Mereka memulai dari divisi II ketika itu. Mulai dari sini, kisah 'Si Bayi Ajaib' pun bermula. 

Persikota tak butuh waktu lama untuk bisa menjuarai Divisi II Liga Indonesia. Di musim pertamanya, mereka berhasil keluar sebagai juara dengan mengalahkan Persewangi Banyuwangi. Ketika itu Persikota dilatih mantan pemain Timnas Indonesia, Andi Lala.

Kehebatan Persikota yang notabene sebagai tim baru tersebut berlanjut di Divisi I di mana mereka langsung keluar sebagai juara dengan mengalahkan PSIM Yogyakarta dengan skor 3-1 di babak final.

© TangerangPos.Com
Skuat Persikota di Tahun 2016 Copyright: TangerangPos.ComSkuat Persikota di Tahun 2016

Dan yang menjadi saksi bisu dari kiprah kedua tim tersebut adalah Stadion Benteng. Stadion Benteng menjadi saksi kiprah kedua tim tersebut di kancah sepakbola nasional. Stadion Benteng juga menjadi arena persaingan Persita dan Persikota, serta tempat persaingan suporter kedua tim Laskar Benteng Viola dan Benteng Mania. 

Kini, Stadion Benteng kondisinya sudah sangat memprihatinkan hingga membuat Persita harus mengungsi ke Stadion Maulana Yusuf di Kota Serang, dan sempat menggunakan Stadion Singaperbangsa Karawang. Namun sebentar lagi Persita tak perlu menjadi musafir lagi karena Stadion Benteng Taruna sudah memasuki tahap akhir pembangunan dan diharapkan bisa digunakan sebagai kandang Persita di Liga 2 2018. 

© Petrus Manus Da Yerrimon
Kondisi terkini Stadion Benteng jelang dialihfungsikan menjadi ruang terbuka hijau. Copyright: Petrus Manus Da YerrimonKondisi terkini Stadion Benteng jelang dialihfungsikan menjadi ruang terbuka hijau.

Persikota yang tengah berusaha bangkit pun bisa saja menggunakan stadion baru Persita pada kompetisi Liga 3 musim 2018 ini. Atau bisa saja investor baru Persikota juga merencanakan untuk membuat stadion baru bagi Persikota. 

Berikut ini INDOSPORT telah merangkum tentang dua stadion di Tangerang tersebut dalam bentuk head to head. 

732