Bola Internasional

Otoritas Sepakbola Thailand Semprot Komentator Laga Bali United vs Chiangrai United

Rabu, 24 Januari 2018 17:51 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© the-afc.com
Chiangrai vs Bali United Copyright: © the-afc.com
Chiangrai vs Bali United

Otoritas sepakbola Thailand, Thai League Football (TLF) mengungkapkan kekecewaannya kepada tiga komentator laga antara Chiangrai United vs Bali United yang ditayangkan langsung oleh TV Thailand Spring News TV pada Selasa (23/01/2018) lalu. 

Lewat akun Twitter resmi TLF, mengungkapkan kekecewaannya terhadap tiga komentator pada laga kualifikasi putaran kedua Liga Champions Asia 2018. 

Tak hanya sejumlah fans dari Indonesia yang ikut bereaksi dari teguran Asosiasi Sepakbola Thailand akibat gaya bahasa yang digunakan oleh para komentator, seorang jurnalis sepakbola Thailand, Mark Illarramendi menjadi salah satu yang merasakan kekecewaan tersebut.

Ia kritik gaya komentator laga tersebut, yang dianggapnya tak cukup layak dalam membawakan pertandingan itu. 

"Banyak orang yang menantikan laga Chiangrai United vs Bali United. Satu yang saya lihat adalah kualitas siaran langsung Springsteen. Channel 7 Rat True mengambil gambar pergerakan bola dengan begitu tajam, tapi bagaimana dengan komentator? Apakah komentator itu masuk dalam standar skala laga internasional?," tulisnya lewat akun Twitter pribadinya.

Kicauan Illarramendi pun turut disahuti akun Twitter bernama @Macutd, yang juga seorang komentator sepakbola. Ia mengungkapkan bahwa gaya bahasa yang digunakan oleh ketiga komentator tersebut dianggap tak pantas digunakan untuk mengiringi laga.

"Apa yang saya katakan ketika mengkomentari tayangan olahraga, lebih baik menggunakan kata-kata yang formal dan sopan, penting untuk mengikuti peraturan penyiaran. Ini dibutuhkan untuk mengedukasi yang menyaksikan. Namun ini adalah kekonyolan. Saya kembali ke masalah utama, Anda tidak cocok mengisi suara untuk laga lagnsung dengan orang-orang di sekitar anda," kicaunya.

Pada laga tersebut, Bali United terpaksa harus mundur dari perjuangan mereka di Kualifikasi Liga Champions Asia 2018 usai ditaklukkan Chiangrai United 2-1. Bali United berhasil mencetak angka lewat gol yang disarangkan oleh pemain anyar mereka, Illija Spasojevic.

Kekalahan Bali United ini membuat mereka tersingkir dari Liga Champions Asia 2018, sementara Chiangrai lolos ke babak play-off putaran terakhir Liga Champions Asia 2018 dan akan menghadapi wakil China, Shanghai SIPG.

Sementara Bali United bakal berkiprah di Piala AFC 2018. Pada ajang ini Bali United tergabung di Grup G bersama Global Cebu (Filipina), FLC Thanh Hoa atau Ha Noi FC (Vietnam), serta Yangon United (Myanmar).

Laga perdana Serdadu Tridatu di ajang ini bakal melawan Yangon United di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada 13 Februari 2018.

1.4K