Liga Europa

Mkhitaryan Tak Bisa Kenakan Nomor 7 di Liga Europa

Rabu, 24 Januari 2018 07:01 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arsenal
Henrikh Mkhitaryan resmi ke Arsenal. Copyright: © Arsenal
Henrikh Mkhitaryan resmi ke Arsenal.

Prahara transfer antara Alexis Sanchez dan Mkhitaryan akhirnya rampung kala Arsenal dan Manchester United menyetujui perjanjian transfer pemain Cile tersebut. Kini Mkhitaryan pun telah resmi berseragam The Gunners dengan menggunakan nomor 7, nomor yang sebelumnya dikenakan oleh Sanchez.

Kedua pemain tersebut pun sudah dikatakan siap untuk membela klub baru mereka pada pertandingan-pertandingan mendatang, termasuk Liga Europa maupun Liga Champions. Namun ada yang unik pada pertandingan Liga Europa yang akan dihadapi Arsenal nanti, terkait peraturan dari UEFA.

Peraturan UEFA yang sangat jarang terjadi ini nampaknya akan menelan Mkhitaryan sebagai korbannya. Pemain tengah asal Armenia tersebut terpaksa harus menanggalkan nomor punggung yang diberikan kepadanya jika akan membela Arsenal di pertandingan Liga Europa.

Hal tersebut dikarenakan peraturan yang diterapkan oleh UEFA, yakni klub hanya diperbolehkan untuk mendaftarkan satu pemain dalam timnya dengan satu nomor punggung pada setiap kompetisi Eropa setiap musimnya.

Itu artinya Mkhitaryan tak akan bisa mengenakan nomor 7 pada kompetisi Eropa, karena Arsenal telah mendaftarkan pemain dengan nomor 7 atas nama Alexis Sanchez yang kini telah berseragam Manchester United.

© -
Carroll saat membela Liverpool di musim 2010/2011. Copyright: -Carroll saat membela Liverpool di musim 2010/2011.

Peraturan ini sendiri sebelumnya pernah dialami oleh Andy Carroll yang hengkang ke Liverpool di pertengahan musim 2010/2011. Saat itu dirinya yang mengenakan nomor 9 harus menggantinya dengan nomor 29 saat Liverpool bertemu dengan Braga di Liga Europa.

Dalam kasus Carroll, dirinya tak bisa mengenakan nomor 9 di pertandingan tersebut karena Liverpool telah mendaftarkan nomor 9 untuk Torres, yang di jendela musim dingin hegkang untuk membela Chelsea.

Arsenal dijadwalkan akan bertemu dengan klub asal Swedia, FK Ostersunds di babak 32 besar Liga Europa pada Jumat (16/02/18) mendatang. Hingga berita ini diturunkan nomor pengganti untuk Mkhitaryan di Liga Europa belum juga diumumkan.

741