Liga Spanyol

Madrid Disingkirkan Leganes, Zidane Akui Posisinya di Ujung Tanduk

Kamis, 25 Januari 2018 10:58 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Ekspresi kesedihan Zinedine Zidane saat Real Madrid kalah. Copyright: © INDOSPORT
Ekspresi kesedihan Zinedine Zidane saat Real Madrid kalah.

Hasil mengecewakan harus dirasakan oleh Real Madrid dalam babak perempatfinal Copa del Rey 2017/18. Pasalnya, mereka harus merelakan tiket semifinal pada lawannya, Leganes.

Bermain di hadapan pendukung sendiri yang memadati Santiago Bernabeu, Los Blancos harus tertunduk malu setelah kalah 1-2. Kondisi tersebut membuat agregat keduanya menjadi 2-2 (di leg pertama Madrid menang 1-0) lantaran unggul agresivitas gol tandang.

Catatan buruk tersebut jelas berpengaruh besar pada nasib Zinedine Zidane sebagai pelatih Cristiano Ronaldo dan kolega. Pasalnya, di musim 2017/18 ini, Madrid terancam puasa gelar.

© INDOSPORT
Leganes taklukan Real Madrid di perempatifinal Copa del Rey 2017/18. Copyright: INDOSPORTLeganes taklukan Real Madrid di perempatifinal Copa del Rey 2017/18.

Di kompetisi La Liga Spanyol 2017/18, Madrid saat ini berada di peringkat empat dengan koleksi 35 poin, berselisih 19 poin dari rival abadi mereka, Barcelona yang kokoh di peringkat satu.

Kepada awak media selepas pertandingan, Zidane secara blak-blakan mengungkapkan bahwa statusnya sebagai arsitek permainan Madrid dalam bahaya. Ia pun menyebut dirinya bisa saja dipecat seandainya kembali menuai hasil mengecewakan di Liga Champions 2017/18.

Oleh sebab itu, laga 16 besar Liga Champions menghadapi Paris Saint-Germain akan menjadi penetuan hidup mati Zidane sebagai pelatih Los Blancos.

© INDOSPORT
Selebrasi para pemain Real Madrid setelah Marco Asensio cetak gol. Copyright: INDOSPORTLiga Champions menjadi satu-satunya ajang yang bisa dimenangkan oleh Madrid musim 2017/18 ini.

"Jika kita tidak lolos ke babak perempatfinal saat menghadapi PSG, keberlangsungan hidup saya sebagai pelatih di Madrid dalam bahaya," ujar Zidane seperti dikutip dari Daily Express.

Meski begitu, Zidane enggan menyalahkan para pemainnya terkait hasil buruk yang dirasakan Madrid selama musim 2017/18 ini.

"Saya yang bertanggung jawab untuk ini semua. Sudah jelas sekali bila ini terjadi karena keputusan yang saya ambil dan untuk itu kami perlu segera mencari solusi," jelas mantan pemain Timnas Prancis tersebut.

Berikutnya, Madrid akan melakoni laga pekan ke-21 La Liga Spanyol menghadapi Valencia di Estadio de Mestalla pada Sabtu (27/01/18) mendatang.

316