Liga Indonesia

Buntut Kisruh Lempar Botol, Persib Tarik Tanda Pengenal Peliputan Jurnalis

Kamis, 25 Januari 2018 18:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bobotoh saat menyanyikan lagu yel yel Persib Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bobotoh saat menyanyikan lagu yel yel Persib Bandung.

Beberapa hari lalu usai laga Piala Presiden Grup A antara Persib Bandung melawan PSMS Medan, muncul sebuah polemik antara bobotoh dan sebuah media olahraga. Kabar soal aksi pelemparan botol yang awalnya ditudingkan pada Bobotoh berawal dari postingan sebuah akun media sosial @VivaBola yang mengungkapkan lewat postingan foto mereka, bahwa para pemain PSMS dilempari botol usai menang atas Persib Bandung.

Usai postingan tersebut mencuat, berbagai reaksi diberikan oleh bobotoh dan salah satunya adalah mengklarifikasi bahwa tidak ada tindakan pelemparan di dalam stadion. 

 

Mewakili Bobotoh, Viking Persib Club kecam Provokasi Portal @vivabola @vivacoid Jika dirunut dari postingan terkait post-match Persib VS PSMS Medan, dengan background para pemain PSMS memasuki tunnel Stadion GBLA sangat jelas merupakan justifikasi dari Viva Bola kepada Bobotoh, mengingat Stadion GBLA bukanlah homebase dari Barcelona, dan pertandingan minggu kemarin, bukan duel antara Barcelona dan Real Madrid. . . 'Waduh, botol berterbangan' pada kenyataannya, tidak ada sama sekali intimidasi dari Bobotoh kepada tim PSMS Medan ketika memasuki tunnel Stadion GBLA, jika ada, silahkan posting dan mention kita @vivabola @vivacoid kami tunggu. Kami berharap agar Viva Bola lebih bijak untuk memberitakan sisi lain dari pertandingan Persib VS PSMS Medan. Duel klasik, tensi panas dan kekalahan tuan rumah bukan berarti atau dikaitkan dengan post-match chaos. Mengutip dari tujuan mulia Viva Bola yang ingin membangun atmosfir sepakbola yang aman dan nyaman, untuk semua suporter Indonesia, maka mulailah membangun atmosfir 'Nyaman' dari kalian sendiri. NEWS WITH(OUT) ATTITUDE Salam, Viking Persib Club. #Persib #Bobotoh #VikingPersibClub

A post shared by We Don't Read VIVA (@officialvpc) on

Melihat respon atas merebaknya protes soal pelemparan botol yang mewarnai laga Persib Bandung vs PSMS Medan tersebut, akun media sosial @VivaBola pun melakukan klarifikasi terbuka terkait situasi sebenarnya di lapangan.

Mereka juga turut menautkan video situasi dan kondisi yang terjadi di Stadion GBLA usai laga berakhir, sekaligus menegaskan bahwa adanya aksi pelemparan bukanlah berita hoax tapi memang telah terjadi pelemparan oleh oknum suporter.

 

KLARIFIKASI . Berikut klarifikasi VIVAbola terkait unggahan di IG pada hari Senin, 22 Januari 2018, usai laga Persib Bandung melawan PSMS Medan. . 1. Kami tegaskan kalau berita soal pelemparan usai laga tersebut bukanlah hoax tapi memang telah terjadi pelemparan oleh oknum suporter. . 2. Hal tersebut sudah kami konfirmasi kepada reporter VIVA di Bandung, dan dibenarkan telah terjadi pelemparan. Kami melaporkan apa yang terjadi tanpa ada keberpihakan. . 3. Namun, pelemparan tersebut bersifat sporadis (asal-asalan) tidak fokus mengarah ke pemain PSMS. Setelah dapat kabar tersebut, kami langsung melakukan koreksi. Kesalahan murni di kami. . 4. Kami meminta maaf atas terjadinya kesalahan tersebut. Tidak ada maksud untuk menyudutkan satu pihak dan tidak untuk niat untuk mengadu domba suporter Persib Bandung dan PSMS Medan. . 5. Kami tegaskan sekali lagi tidak pernah ada justifikasi terhadap kelompok atau organisasi suporter manapun dalam tulisan kami (baik suporter Persib, Bobotoh, Viking, Bomber, atau yang lain). . 6. Soal caption perbaikan mental, murni ditujukan untuk suporter dalam lingkup nasional (bukan mengarah ke satu kelompok suporter saja). . Sikap VIVAbola selalu jelas untuk masalah suporter, kami tidak setuju dengan aksi keributan atau pelemparan di dalam stadion, tak peduli siapa pun klubnya. Bisa dilihat dari postingan kami sebelumnya. . Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca klarifikasi ini. Semoga kejadian ini bisa membuat kami dan semua pihak lebih dewasa dalam menghadapi suatu kejadian. . Hanya satu tujuan kami, membangun atmosfer sepakbola yang aman dan nyaman dari dan untuk semua suporter Indonesia. . . Wasalam, . VIVAbola . 📹 TWITTER/@infobdg

A post shared by Official Instagram of VIVAbola (@vivabola) on


Kini pihak Panpel Persib Bandung yang bertindak menanggapi polemik tersebut. Pihak Panpel Persib Bandung mengambil keputusan untuk menarik tanda pengenal peliputan milik jurnalis media tersebut di Piala Presiden 2018 Grup A. 

Kabar keputusan itu diunggah akun Instagram resmi @persib_official beberapa saat lalu. "Menyikapi unggahan akun @vivabola di Instagram dan dampak berkembang di lapangan, Panpel Persib memutuskan untuk menarik ID Card peliputan jurnalis viva.co.id di Piala Presiden 2018 Grup A. Semoga kejadian ini menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua," tulis akun Instagram resmi Persib Bandung. 

1.2K