Liga Spanyol

Derby Catalan Diwarnai Kericuhan Gara-gara Bendera

Jumat, 26 Januari 2018 10:31 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Laga Barcelona kontra Espanyol di leg kedua perempatfinal Copa del Rey, pada Jumat (26/01/18) rupanya diwarnai kericuhan. Insiden tersebut terjadi usai pertandingan. Tensi panas dan gengsi membuat kedua suporter terlibat bentrok di dalam stadion.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, hal tersebut nampaknya dipicu dengan pengibaran bendera Spanyol oleh suporter tim tamu di depan publik Camp Nou. Beruntung kericuhan tak menyebar luas, karena pihak keaman bergerak cepat untuk meredam.

Hal tersebut tentu saja menyulut emosi suporter Barcelona, yang mayoritas adalah masyarakat Catalan. Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, hubungan antara Spanyol dan Catalan sedang memanas.

Hal itu dikarenakan pemerintah Catalan terus berupaya agar merdeka dari Spanyol. Salah satu usaha yang dilakukan adalah adanya referendum beberapa waktu lalu.

© INDOSPORT
Suporter Espanyol. Copyright: INDOSPORTSuporter Espanyol.

Referendum itu sendiri memutuskan Catalan merdeka. Namun, pemerintah Spanyol menolak hasil referendum tersebut.

Meskipun demikian, usaha agar Catalan merdeka tetap dilakukan, untuk melakukan perlawanan kepada pemerintah Spanyol, salah satunya dari dunia sepakbola dengan pengibaran bendera Catalan tiap kali Barcelona bertanding.

Laga ini sendiri berakhir untuk kemenangan Blaugrana dengan skor 2-1. Masing-masing gol dicetak oleh Luis Suarez dan Lionel Messi.

531