Liga Indonesia

Belum Punya Penyerang, Pelatih Persiba Instruksikan Eks Winger Timnas Pindah Posisi

Jumat, 26 Januari 2018 10:18 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Teddy Rumengan/Indosport.com
Sesi latihan Persiba Balikpapan. Copyright: © Teddy Rumengan/Indosport.com
Sesi latihan Persiba Balikpapan.

Pelatih Persiba Balikpapan, Wanderley Junior menggeser posisi sejumlah pemain dari posisi awal menempati posisi baru. Salah satunya sayap kanan Siswanto yang kini di dorong lebih kedepan menjadi striker.

Mantan Pelatih Persipura Jayapura itu mengatakan, hal tersebut untuk mengantisipasi jika Beruang Madu kesulitan mendatangkan pemain berpengalaman khususnya untuk posisi striker.

"Siswanto saya coba sebagai striker karena dia punya pengalaman dan di posisi itu dia bisa bikin lawan hilang konsentrasi dengan kecepatan dan skill dari Siswanto," ujar Wanderley.

© Internet
Siswanto. gelandang Persiba Balikpapan Copyright: InternetSiswanto. gelandang Persiba Balikpapan.

Meski begitu, Pelatih berdarah Brasil itu mengakui, tidak mudah bagi mantan pemain Sriwijaya FC dan Persib Bandung itu terbiasa dengan posisi barunya tersebut, karena butuh waktu.

Selain itu, gelandang-gelandang Persiba juga harus bisa menyesuaikan dan memahami keinginan pemain yang pernah memperkuat Timnas Indonesia itu agar bisa menjalankan peran barunya di lini depan, sesuai dengan taktik.

"Tapi tidak berjalan terlalu baik, karena gelandang kurang suplay bola dan juga untuk dia kapan dia bergerak. Tapi semuanya bisa diperbaiki dengan latihan khusus," terangnya.

© fourfourtwo.com
Wanderley Junior, pelatih Persiba Balikpapan Copyright: fourfourtwo.comWanderley Junior, pelatih Persiba Balikpapan

Saat ini tim kebanggaan masyakarat Kota Balikpapan tersebut, memang belum memiliki striker murni. Pasca dipulangkannya mantan striker Perseru Serui Irfan Yunus Mofu yang penampilannya belum memuaskan.

Dalam skuat Persiba saat ini hanya ada Beni Oktovianto yang juga didorong kedepan sebagai striker. Sementara, dalam taktiknya Wanderley akan menerapkan strategi menyerang dengan formasi 4-3-3.

"Ya seperti itu. Jadi kami hanya perlu waktu agar berjalan sesuai harapan dan bisa menghasilkan yang positif untuk tim dan saya percaya kami bisa berhasil," ujarnya.

Selain Siswanto, Wanderley juga mengembalikan posisi awal Frengky Turnando yang sebelumnya bek kiri dari sebelumnya sayap kiri. Hal itu terbukti cukup efektik.

Karena saat uji coba dengan tim lokal, akhir pekan kemarin, pemain kelahiran Balikpapan itu sukses mencetak dua gol kemenangan Persiba.

150