Liga Indonesia

Persib Bandung 0-1 PSM Makassar: Maung Bandung Tersingkir dari Piala Presiden 2018

Jumat, 26 Januari 2018 22:15 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Isman Fadil
© Twitter@Liga1Match
Persib Bandung vs PSM Makassar Copyright: © Twitter@Liga1Match
Persib Bandung vs PSM Makassar

Babak I

Kedua tim menampilkan permainan menyerang di pertandingan terakhir penyisihan Grup A Piala Presiden 2018 ini. Baik Persib Bandung maupun PSM Makassar, keduanya tidak ingin kehilangan momen sejak awal laga.
 
PSM mendapatkan peluang pertama untuk membuka keunggulan pada menit-14 ketika mereka mendapatkan tendangan bebas di depan gawang Persib. Namun tendangan keras Bruce masih mampu dipatahkan kiper Natshir dengan kakinya.

Persib mendapatkan peluang lewat serangan balik cepat. Mereka memanfatkan lengahnya lini pertahanan PSM yang tengah asyik menguasi bola. Febri Hariyadi yang berlari kencang ke tdalam kotak, masih gagal dipatahkan bek PSM.

Maung Bandung kembali mendapatkan kesempatan setelah memanfaatkan buruknya komunikasi lini pertahanan PSM. Inkyun yang berhasil memotong bola, langsung melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, tendangannya masih tipis di atas mistar gawang.

Usaha kedua tim masih belum mencetak gol meski sama-sama memberikan ancaman berarti. Hingga water break, skor 0-0 pun masih menghiasai pertandingan terakhir Grup A ini.

Setelah kembali ke lapangan, kedua tim masih terus berusaha mencari cara untuk membongkar pertahanan lawan. Kedua tim nampaknya menemui jalan buntu untuk masuk ke daerah lawan.

Tim besutan Mario Gomez bisa saja membuka keunggulan di penghujung babak pertama lewat tandukkan Victor Igbonefo yang memanfaatkan umpan Inkyun. Namun tandukkannya masih tepat dipelukan kiper Rivky Mokodompit. Skor pun masih 0-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Skor kacamata di babak pertama membuat Persib dan PSM Makassar sudah bermain menyerang di awal babak kedua. Babak kedua baru berjalan lima menit baik tim tuan rumah dan tim tamu sudah melancarkan tendangan-tendangan yang membahayakan gawang lawan.

Persib yang kerap membahayakan lini pertahanan lawan akhirnya mendapat kesempatan untuk melakukan tendangan langsung akibat Zulkifly Sukur yang melanggar Bow. Pelanggaran ini mengakibatkan Zulkifly mendapat kartu kuning kedua, dan memaksanya diusir dari lapangan. Sayangnya, tendangan set piece yang diambil Tony Sucipto hanya berakhir sedikit menyamping dari gawang. 

Penyerangan PSM akhirnya menemui ujung jala gawang. Serangan menusuk dengan cepat ke kotak penalti, bola yang sempat ditepis oleh kiper Persib akhirnya mampu dimanfaatkan oleh Bruce Djite. PSM pun memimpin 1-0 meski hanya dengan 10 pemain.

Serangan Persib terus menerus membahayakan lini pertahanan PSM Makassar, serta memaksa para pemain belakang untuk melakukan pelanggaran. Persib kembali mendapat kesempatan melalui set piece di dekat kotak terlarang. Namun tendangan Oh In-Kyun berhasil ditepis dengan penyelamatan heroik kiper PSM.

Serangan demi serangan terus dilancarkan kedua tim. Sayang meski beberapa serangan menemui tendangan penyelesaian, Persib dan PSM Makassar belum juga berhasil menambah perolehan skor. Babak kedua pun berakhir dengan kemenangan untuk PSM Makassar.

Kekalahan ini membuat Maung Bandug gagal finis di posisi dua Grup A. Mereka hanya mengumpulkan koleksi 3 poin dari tiga laga. Sriwijaya FC berhak lolos dari Grup A dengan finis di posisi teratas. Makan Konate dan kawan-kawan mengoleksi 6 poin, unggul selisih gol atas PSMS Medan. 

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persib Bandung 4-3-3

M Natshir, Supardi, Victor Igbonefo, Wildansyah, Tony Sucipto, Hariono, Oh Inkyun, Eka Ramdani, Febri Hariyadi, Airlangga, Henhen Herdiana.

PSM Makassar 4-4-1-1

Mokodompit, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Steven Paulle, Wasyiat Hasbullah, Zulham Zamrun, Asnawi Mangkualam, M Arfan, Saldi, Arsyad Yusgiantoro, Bruce Djite.

860