Bola Internasional

Stadion-stadion Fantastis Siap Hiasi Piala Dunia Qatar, Salah Satunya Bisa Dibongkar Pasang

Selasa, 30 Januari 2018 19:32 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Status tuan rumah Piala Dunia 2022 yang disandang oleh Qatar memang kerap dipertanyakan serta diragukan. Namun begitu, Qatar terus melakukan pembangunan dan pengembangan alias renovasi terhadap stadion-stadion yang nantinya akan digunakan pada gelaran Piala Dunia 4 tahun mendatang.

Konflik diplomatis berkepanjangan membuat posisi Qatar sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2022 sedikit goyah. Toh mereka terus mempercantik negaranya dengan membangun stadion mewah dan unik, sejak ditetapkan FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia sekitar 8 tahun lalu.

Dalam merancang dan membangun stadion-stadion tersebut Qatar dikabarkan akan menerapkan teknologi canggih dan cara pembangunan yang out of the box alias diluar nalar manusia. Salah satunya adalah dengan membangun stadion yang bisa dibongkar pasang.

Stadion tersebut diklaim sebagai stadion yang ramah lingkungan karena bahan bangunannya menggunakan limbah kontainer. Tak hanya ramah lingkungan, rancangan stadion tersebut bisa dikatakan sangat inovatif karena dapat dibongkar pasang, karena penggunaan kontainer tersebut.

Stadion yang nantinya akan berlokasi di pinggir pantai kota Doha itu menjadi stadion ketujuh yang akan diresmikan oleh panitia. Stadion Ras Abu Aboud ini akan bekapasitas sebanyak 40 ribu kursi dan memiliki luas total sekitar 450 ribu meter persegi. 

Tak hanya stadion Ras Abu Aboud yang unik dan megah, Qatar juga membangun serta merenovasi beberapa stadion yang telah mereka miliki. Berikut INDOSPORT rangkum stadion-stadion yang rencananya akan digunakan pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Stadion Al-Gharrafa

© Telegraph
Al-Gharrafa Stadium, Al-Rayyan, Qatar. Copyright: TelegraphAl-Gharrafa Stadium, Al-Rayyan, Qatar.

Stadion ini diklaim memiliki teknologi yang bisa mengontrol suhu di dalam stadion. Stadion ini dapat meredam radiasi dan paparan sinar matahari juga akan dilengkapi pendingin udara yang bisa membuat nyaman 44.740 penonton yang ada di dalamnya.

Stadion Pelabuhan Doha

© Telegraph
Doha Port Stadium, Qatar. Copyright: TelegraphDoha Port Stadium, Qatar.

Stadion yang akan dilengkapi hotel dan dek kapal ini nantinya akan mampu menampung 44.950 penonton di setiap pertandingan. Desainnya sangat futuristik dan menyajikan kemewahan.

Stadion Al-Shamal

© Telegraph
Al-Shamal Stadium, Al-Shamal, Qatar. Copyright: TelegraphAl-Shamal Stadium, Al-Shamal, Qatar.

Stadion ini terbilang unik dan mengandung unsur kearifan lokal wilayah setempat. Desain stadion berkapasitas 45.120 penonton ini terinspirasi dari perahu nelayan tradisional yang dijuluki 'Dhow'.

Stadion Al-Khor

© Telegraph
Al-Khor Stadium, Al-Khor, Qatar. Copyright: TelegraphAl-Khor Stadium, Al-Khor, Qatar.

Mengingat temperatur suhu di Qatar pada siang hari sangat terik, stadion berkapasitas 45.330 penonton ini akan dilengkapi pendingin ruangan. Desainnya sendiri lain daripada yang lain. Ada bentangan penutup yang melebar jauh ke pinggir stadion.

Stadion Umm Slal

© Telegraph
Umm Slal Stadium, Umm Slal, Qatar. Copyright: TelegraphUmm Slal Stadium, Umm Slal, Qatar.

Stadion ini seakan menunjukkan Qatar sebagai negara kaya raya di jazirah Arab. Sapuan emas yang menjadi dinding dari stadion ini menjadi bukti hasrat Qatar di Piala Dunia 2022.

Stadion Education City

© Telegraph
Education City Stadium, Al-Rayyan, Qatar. Copyright: TelegraphEducation City Stadium, Al-Rayyan, Qatar.

Satu lagi desain stadion yang berbeda dari biasanya. Desain atapnya yang oval sekilas seperti tak beraturan, tapi justru membuatnya menjadi berbeda.

Stadion Khalifa

© Telegraph
Khalifa International Satdium, Al-Rayyan, Qatar. Copyright: TelegraphKhalifa International Satdium, Al-Rayyan, Qatar.

Stadion ini sebenarnya telah berdiri namun dikabarkan akan direnovasi sehingga dapat memuat hingga kapasitas 68.030 penonton. 

Stadion Al-Wakrah

© Telegraph
Al-Wakrah Stadium, Al-Wakrah, Qatar. Copyright: TelegraphAl-Wakrah Stadium, Al-Wakrah, Qatar.

Stadion ini juga dirancang agar membuat para penonton tetap nyaman selama menonton pertandingan, tanpa merasa gerah. Sistem ventilasi dibuat sedemikian rupa sehingga udara bisa mengalir bebas di dalam tribun.

Stadion Al-Rayyan 

© dailymail.co.uk
Caption Copyright: dailymail.co.ukCaption

Stadion ini juga sedang mengalami renovasi. Stadion ini nantinya akan berkapasitas 44.740 penonton dan akan dipasangi layar LED di luar bangunannya.

Stadion Universitas Qatar

© Telegraph
Qatar University Stadium, Doha, Qatar. Copyright: TelegraphQatar University Stadium, Doha, Qatar.

Stadion Sports City

© Telegraph
Rancangan Sport City Stadium, Doha, Qatar. Copyright: TelegraphRancangan Sport City Stadium, Doha, Qatar.

Bangunan stadion ini terbilang unik karena terinspirasi dari tenda-tenda tradisional Arab. Rencananya stadion ini akan memuat 47.560 penonton. 

Stadion Lusail Iconic

© Telegraph
Lusail Iconic Stadium, Al-Daayen, Qatar. Copyright: TelegraphLusail Iconic Stadium, Al-Daayen, Qatar.

Stadion yang terletak di Kota Al-Daayen ini menjadi stadion yang memuat paling banyak penonton, yakni sekitar 86.250 penonton.

Stadion Al-Thumama

© StadiumDB
Al Thumama Stadium, Qatar. Copyright: StadiumDBAl Thumama Stadium, Qatar.

Stadion ini menjadi stadion keenam yang disahkan oleh FIFA sebagai stadion yang akan digunakan pada Piala Dunia 2022 nanti. Rancangan stadion ini diakui oleh Sekretaris Jendral Piala Dunia FIFA terinspirasi dari penutup kepala khas yang digunakan oleh para Muslim. 

1.3K