Liga Indonesia

Bukan Barcelona, Bek Kelahiran Amsterdam Utarakan Keinginan Main di Indonesia

Rabu, 31 Januari 2018 11:47 WIB
Editor: Isman Fadil
© TORGRANATE
Cerezo Hilgen (kiri) ingin main di Indonesia. Copyright: © TORGRANATE
Cerezo Hilgen (kiri) ingin main di Indonesia.

Setiap pesepakbola di belahan planet Bumi pasti memiliki impian untuk memperkuat klub raksasa Eropa seperti Barcelona atau Bayern Munchen. Namun tidak untuk bek muda asal Belanda, Cerezo Hilgen. Pemain berusia 23 tahun ini secara terang-terangan ingin melanjutkan kariernya di Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia.

"Impian saya adalah bermain di Asia Tenggara. Negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam sangat menarik perhatian saya," kata Hilgen kepada Vice Sports.

Cerezo mengaku ia tahu banyak Indonesia dari pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok. Selain itu ia juga  sering postingan Instagram pemain-pemain berdarah Belanda yang sudah lebih dulu berkarier di Indonesia seperti Stefano Lilipaly, Nick van der Velden dan Irfan Bachdim.

"Saya juga mengenal Marc Klok yang sekarang bermain di PSM Makassar bersama Wiljan Pluim. Saya juga lihat akun Instagram Stefano Lilipaly, Nick van der Velden, dan Irfan Bachdim yang memiliki semua pengalaman indah di Bali United," sambungnya.

Keinginan Cerezo untuk bermain di Indonesia juga tak lepas dari segi bisnis. Menurutnya, banyak pesepakbola Eropa yang tidak dikenal justru menjadi pahlawan dan menghasilkan banyak uang saat bermain di Asia. Dia mencontohkan pemain seperti Marc Klok yang sudah memiliki vlog di saluran Youtube-nya sendiri dan memiliki ribuan penonton dalam dua bulan.

 

A post shared by Cerezo Hilgen (@cerezo_h) on

"Saya melihat begitu banyak pemain sepakbola yang tidak dikenal pergi ke sana (Asia Tenggara), menjadi pahlawan dan mendapatkan banyak uang. Oleh karena itu, saya tahu masih ada peluang bagi saya," kata dia.

"Begitu Anda mengambil langkah itu (berkiprah di Asia Tenggara), Anda bisa melakukan banyak hal disana. Ini juga tentang bisnis, bermain sepakbola di Asia. Sebagai contoh, saya baru-baru ini melihat Marc Klok mendirikan saluran YouTube-nya sendiri, di mana dia menunjukan kehidupannya di vlog yang sudah dilihat dengan baik," dia menambahkan.

 

The grind will never stop.

A post shared by Cerezo Hilgen (@cerezo_h) on

Tak hanya dari Youtube, Cerezo menilai para pemain jebolan Liga Belanda yang bermain di Asia Tenggara juga kebanyakan sukses dalam berbisnis melalui Instagram. Seperti diketahui, pengguna di Instagram di kawasan Asia Tenggara berkembang pesat dari tahun ke tahun. Bahkan menurut data TNS, 89 persen masyarakat Indonesia adalah Instagrammers.  

"Lihat saja akun Instagram dari para pemain tersebut meledak dengan puluhan ribu pengikut, itu tidak normal. Anda bisa membuka jalan untuk diri sendiri. Anda juga bisa menjadi broker pemain dengan koneksi yang Anda dapatkan atau membuka restoran, apapun yang Anda mau. Karena biaya hidup hampir tidak ada di sana, Anda bisa menginvestasikan banyak gaji Anda sendiri," tandasnya.

Selama berkarier, Cerezo Hilgen lebih banyak bermain di tim-tim amatir Liga Belanda seperti FC Volendam dan FC Dordrecht. Terakhir kali pemain kelahiran Amseterdam ini berseragam klub amatir Liga Jerman, Rot-Weiss Frankfurt.

1K