Bursa Transfer

Total Belanja Klub Liga Primer Inggris Bisa Bangun 15 Stadion Milik Persib

Kamis, 1 Februari 2018 19:06 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Klub Liga Primer Inggris akhirnya berhenti berburu pemain incaran usai bursa transfer musim dingin resmi ditutup, Kamis (01/02/18). Sejumlah pemain bintang akhirnya berlabuh ke Tanah Britania, seperti Pierre-Emerick Aubameyang, Aymeric Laporte, dan Lucas Moura.

© INDOSPORT
Pierre-Emerick Aubameyang saat melakuan pemotretan resmi ke Arsenal. Copyright: INDOSPORTPierre-Emerick Aubameyang saat melakuan pemotretan resmi ke Arsenal.

Rekor baru pun tercipta di bursa transfer musim dingin ini. Arsenal menajamkan rekor pembelian klub saat mendatangkan Aubameyang dengan nilai 56 juta poundsterling atau setara dengan Rp1.1 triliun.

Secara garis besar, pengeluaran klub Liga Primer Inggris di bursa transfer ini juga terbilang fantastis. Manurut data dari Deloitte's Sports Business Group terjadi transaksi senilai 430 juta poundsterling atau setara dengan Rp8.2 triliun di bursa transfer Januari saja.

Jika dilihat angka ini, maka bisa dibilang bisa 15 kali nilai dari pembangungan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. Menurut data dari viva.co.id (24/07/18) biaya pembangunan kandang markas Persib ini mencapai Rp525 miliar.

© Istimewa
Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Copyright: IstimewaStadion Gelora Bandung Lautan Api.

Maka jika diterjemahkan bahwa aktivitas transfer di Liga Primer Inggris selama sebulan ini bisa membangun 15 stadion bertaraf internasional di Indonesia. Luar biasa!

235