Hampir Meninggal, Deretan Pesepakbola Ini Berhasil Lawan Kanker

Minggu, 4 Februari 2018 21:25 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© INDOSPORT
Kiri-kanan: Luboslav Penev, Ebbe Sand, Yeray Alvarez, Sergio Aragoneses, GermAn Burgos dan Jose Francisco Molina. Copyright: © INDOSPORT
Kiri-kanan: Luboslav Penev, Ebbe Sand, Yeray Alvarez, Sergio Aragoneses, GermAn Burgos dan Jose Francisco Molina.

Minggu, (04/01/18) merupakan peringatan Hari Kanker Sedunia. Menurut data Riskesdes tahun 2013, pertumbuhan tumor atau kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1000 penduduk atau sekitar 347.000 orang dan paling banyak dialami oleh perempuan.

Namun tak hanya menyerang Indonesia, kanker juga menyerang para bintang sepakbola dunia. Diantaranya ada nama Yeray Alvarez. Pemain Athletic Bilbao ini menderita kanker testis diumurnya yang baru 21 tahun. Ketika divonis, ia sedang menjadi pemain muda yang sedang naik daun bersama klubnya.

Dilansir Marca Desember 2016 lalu, Kepala Tim Medis Athletico Bilbao saat itu, Jotxean Lekue mengungkapkan bahwa terdapat tumor di salah satu buah zakar Alvarez. Namun Alvarez masih bisa sembuh jika penyakitnya ini cepat ditangani medis.

Rata-rata mereka yang di diagnosis kanker langsung mengobati dan mencegah agar sel kanker tidak menjalar ke semua bagian tubuhnya. Tak jarang, operasi pengangkatan sel kanker juga dilakukan beberapa pesepakbola dunia ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut INDOSPORT merangkum beberapa pesepakbola yang berhasil melawan ganasnya penyakit kanker.