Liga Indonesia

Batal Pakai GBK, Persija Sambut PSMS di Stadion Manahan

Senin, 5 Februari 2018 17:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Suasana di dalam Stadion Gelora Bung Karno. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Suasana di dalam Stadion Gelora Bung Karno.

Setelah memastikan satu tempat di babak semifinal Piala Presiden 2018, Persija Jakarta langsung bergerak cepat menentukan venue yang akan dipakai untuk menjamu PSMS Medan. Macan Kemayoran dilaporkan batal menggunakan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta meski sebelumnya sempat melakukan komunikasi dengan pengelola GBK.

Ketua panpel pertandingan Persija, Arief Perdana Kusuma menjelaskan jika Stadion GBK tidak bisa digunakan karena akan dipakai sebagai venue test event Asian Games yang dilakukan pada tanggal 8-15 Februari mendatang.

© Media Persija
Kiri-kanan: Sandi Darma Sute, Bambang Pamungkas, dan Marko Simic. Copyright: Media PersijaPersija ke semifinal Piala Presiden 2018 usai mengalahkan Mitra Kukar.

Untuk itu, tim ibukota membuka peluang menggunakan Stadion Manahan, Solo sebagai kandang kala menjamu PSMS Medan di babak semifinal.

"Iya opsi stadion yang kita pilih adalah Solo karena Stadion GBK tidak bisa dipakai lantaran tanggal 8-15 dipakai untuk keperluan test event Asian Games 2018," tuturnya melalui pesan singkat ke INDOSPORT.

Kendati demikian, Arief menjelaskan belum mengetahui secara detail kapan Persija akan bertindak sebagai tuan rumah lantaran penentuan baru akan dilaksanakan, Selasa (06/02/18) di Jakarta.

© Arief Setiadi/INDOSPORT
Potret suporter Persija Jakarta tampak memenuhi stadion Manahan Solo Copyright: Arief Setiadi/INDOSPORTPotret suporter Persija Jakarta tampak memenuhi stadion Manahan, Solo.

Penentuan tim yang pertama bertindak sebagai tuan rumah memang sangat penting bagi Persija, sebab  tim asuhan Stefano Cugurra Teco dihadapkan dengan jadwal padat yakni bertanding di Piala AFC 2018 pada 14 Februari 2018 mendatang.

"Terkait siapa yang aman menjadi tuan rumah pertama, baru diketahui besok saat konpress di Jakarta," urainya.

Jika pilihan Stadion Manahan, Solo tidak berubah bagi Persija Jakarta, maka klub ibukota tersebut kemungkinan besar satu kandang dengan calon lawan, PSMS Medan yang juga dilaporkan membidik stadion yang sama lantaran Stadion Teladan di Sumatera Utara belum selesai direnovasi. Hal itu tentu memudahkan bagi tim secara finansial sebab kedua kubu tidak perlu bolak balik melakoni partai tandang.

Sebagai informasi, Persija melaju ke babak semifinal usai menang 3-1 atas Mitra Kukar, Minggu (04/02/18) di Stadion Manahan, Solo. Sedangkan PSMS Medan terlebih dahulu merebut tiket ke empat besar setelah menyingkirkan Persebaya Surabaya melalui babak adu penalti dengan skor 7-6 (sebelumnya imbang 3-3 dinwaktu normal), Sabtu (03/02/18) di tempat yang sama.

599