Bola Internasional

Diusir Everton, Ronald Koeman Resmi Tangani Timnas Belanda

Selasa, 6 Februari 2018 22:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Pelatih Everton, Ronald Koeman. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Pelatih Everton, Ronald Koeman.

Ronald Koeman akhirnya tak lagi menganggur. Kali ini dirinya resmi ditunjuk oleh Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) untuk menangani Tim Nasional (Timnas) Belanda pada Selasa (06/02/18) waktu setempat.

Pelatih 54 tahun itu akan menahkodai Tim Oranje dengan durasi hingga empat setengah tahun. Koeman sendiri menggantikan posisi  Dick Advocaat yang memilih untuk mengundurkan diri karena gagal membawa Belanda lolos ke Piala Dunia 2018.

© Alan Martin/Getty Images
Pelatih Everton, Ronald Koeman. Copyright: Alan Martin/Getty ImagesPelatih Everton, Ronald Koeman.

Keoman sendiri dituntut untuk membawa Belanda menembus babak kualifikasi Piala Eropa 2020 mendatang. Sehingga dirinya akan langsung bekerja keras demi mempersiapkan tim secara matang.

Belanda sendiri akan menghadapi Timnas Inggris pada jeda internasional bulan depan di Johan Cruijff Arena, Sabtu (24/03/18) dini hari. Lalu tiga hari berselang mereka akan bertandang ke Jenewa Swiss untuk berhadapan dengan Portugal.

© VI-Images-Getty Images
Ronald Koeman  (tengah) saat menjadi asisten pelatih bagi Louis van Gaal di Barcelona pada musim 1999/00. Copyright: VI-Images-Getty ImagesRonald Koeman (tengah) saat menjadi asisten pelatih bagi Louis van Gaal di Barcelona pada musim 1999/00.

Keoman meniti karier kepelatihannya dengan menjadi asisten Guus Hidding pada periode 1997-1998 lalu di Timnas Belanda. Pria yang dulu berposisi sebagai bek atau gelandang ini juga sempat menjadi asisten Louis Van Gaal di Barcelona pada 1998-2000.

Belanda adalah tim kesepuluh yang ditangani Koeman sebagai pelatih kepala dalam riwayat manajerialnya. Sebelumnya ia menakhodai Vitesse Arnhem, Ajax, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton, hingga Everton.

88