Liga Indonesia

5 Hal yang Jadi Sorotan PT LIB Usai Verifikasi Stadion Mattoangin

Rabu, 7 Februari 2018 12:57 WIB
Penulis: Reno Firhad Rinaldi | Editor: Herry Ibrahim
© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
PSM Makassar saat berlaga di Stadion Mattoangin. Copyright: © Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
PSM Makassar saat berlaga di Stadion Mattoangin.

Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar sebagai homebase dari tim PSM Makassar telah diverifikasi oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) pada Selasa (06/01/18).

Verifikasi tersebut berkaitan dengan segera bergulirnya Liga 1 musim 2018 yang dikatakan akan dimulai pada Maret nanti. Untuk itu, Stadion Mattoangin pun perlu diverifikasi untuk diketahui sejauh mana kesiapan mereka untuk menggelar laga kandang PSM Makassar di Liga 1 2018 nanti.

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Para pemain Persija Jakarta saat memulai sesi latihan di Stadion Mattoangin, Makassar. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTPersija Jakarta saat berlatih di Stadion Mattoangin, Makassar.

Meski masih banyak kekurangan, Surya Binanga yang merupakan tim verifikator mengaku bahwa stadion yang dibangun pada tahun 1954 itu telah mengalami perbaikan yang signifikan. Akan tetapi, ada beberapa catatan yang harus dilaporkan olehnya kepada pengurus liga karena masih ada hal yang harus diperbaiki dari fasilitas Stadion Mattoangin.

"Aspek fasilitas cukup baik, tinggal beberapa saja yang akan disarankan untuk diperbaiki, semisal area technical bench yang tergenang, lalu akses masuk sebab mulai musim depan memperketat official area," ujar Surya.

Selain beberapa hal itu, Surya juga menyoroti tingkat akses keamanan untuk para perangkat pertandingan pada hari pertandingan nanti. Juga adanya kebocoran di tribun VIP stadion ketika hujan pun dikatakan Surya harus segera diperbaiki.

"Lalu akses wasit, perangkat pertandingan dan tim tamu (security). Semua ruang-ruang bagus, tribun-tribun masih ada kebocoran. Untuk area lapangan dan ruang secara umum sudah bagus," ungkapnya.

Sementara itu, masih ada satu hal yang belum mendapat verifikasi, yakni keterangan lampu Stadion Mattoangin dikarenakan akan segera ada perbaikan dari segi lampu itu. Sejauh ini, lampu Stadion Mattoangin sendiri hanya memiliki kapasitas 350 lux dari minimal 800 lux yang ditetapkan oleh pihak liga. Namun, manajemen PSM kini tengah mengusahakan dan mempercepat perbaikan dengan menggandeng salah satu perusahaan produsen lampu.

© PSM Makassar
Pemain PSM Makassar melakukan pemanasan di pemusatan latihan hari kelima di Bali Copyright: PSM MakassarPemain PSM Makassar melakukan pemusatan latihan di Bali.

Catatan dari Verikasi

  • Area technical bench yang tergenang air
  • Akses masuk lapangan harus lebih ketat dan aman untuk pemain serta wasit
  • Wasit, perangkat pertandingan, dan tim tamu ada akses yang aman dari fans 
  • Atap dari tribun-tribun tertutup masih ada kebocoran
  • Lampu belum dilakukan verifikasi

Sudah Aman Verifikasi

  • Bench pemain cadangan baik
  • Ruang ganti pemain dan tim tamu sudah baik
  • Ruang wasit dan perangkat pertandingan baik
  • Lapangan dan rumput sudah baik
  • Ruang media centre sudah ada.