Liga Indonesia

Duel Pelatih Asing Versus Pelatih Lokal di Semifinal Piala Presiden

Rabu, 7 Februari 2018 15:08 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018.

Empat tim telah memastikan diri masuk ke semifinal Piala Presiden 2018.  PSMS Medan, Persija Jakarta, Bali United, dan Sriwijaya FC akan bersaing mendapatkan dua tempat di pertandingan final yang rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Di semifinal yang akan mempertemukan PSMS melawan Persija dan Bali United melawan Sriwijaya ini terdapat sebuah fakta yang unik, bahwa kedua pertandingan ini masing-masing akan mempertemukan pelatih asing dan lokal yang akan saling berhadapan. 

PSMS yang dilatih Djajang Nurjaman akan menghadapi Persija dengan pelatih asingnya Stefano Cugurra Teco. Ditempat lain ada Rahmad Darmawan (RD) yang melatih Sriwijaya menghadapi Bali United yang selama turnamen dipimpin Hans-Peter Schaller.

Menarik memang melihat apakah dua nama pelatih lokal ini bisa mengalahkan saingannya dari Brasil dan Australia. Terlebih baik Djajang maupun RD memiliki track record yang lebih bagus dari pada lawannya. Keduanya tercatat pernah membawa tim yang diasuhnya menjuarai Liga Indonesia. Djajang bersama Persib Bandung di 2014 dan RD bersama Persipura dan Sriwijaya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Djajang Nurdjaman. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTDjajang Nurdjaman.

Disisi lain dua pelatih asing yang akan menjadi lawan justru belum terbukti sukses memberikan prestasi. Teco yang baru menjadi pelatih di Persija musim lalu hanya berhasil membawa Persija finis di posisi empat. Sementara Hans-Peter Schaller tidak jauh lebih baik. Sebelum ditunjuk menangani Bali United untuk sementara, Schaller lebih sering dipecat tim-timnya terdahulu karena dianggap gagal memberikan prestasi.

Namun jika dilihat dari kondisi terakhir, kedua pelatih asing justru lebih diunggulkan. Dengan skuat yang lebih bagus yang mereka miliki, secara permainan selama gelaran Piala Presiden keduanya juga terlihat lebih matang karena tim yng mereka asuh juga sedang berkompetisi di level asia. Peter Schaller bersama Bali United bahkan belum sekalipun menderita kekalahan dalam empat pertandingan selama gelaran Piala presiden.

Kita tunggu saja apakah akan terjadi final sesama pelatih lokal, atau sebaliknya pelatih asing yang akan saling mengalahkan di final atau malah kembali terjadi pertarungan pelatih asing melawan pelatih final di Piala Presiden 2018 nanti.

© Muhammad Qomarudin/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Hans Peter Schaller. Copyright: Muhammad Qomarudin/INDOSPORTPelatih Bali United, Hans Peter Schaller.
150