Liga Indonesia

Jelang Lawan PSMS, Eks Ketum Jakmania: Persija Harus Curi Poin Penuh di Leg Pertama

Jumat, 9 Februari 2018 10:18 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
© Jerry/Indosport
Richard Achmad. Copyright: © Jerry/Indosport
Richard Achmad.

Persija Jakarta akan berhadapan dengan PSMS Medan di semifinal Piala Presiden 2018. Pertandingan leg pertama ini akan dilaksanakan besok (10/02/18) di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Sementara leg ke-2 akan berlangsung Senin, (12/02/18). Laga leg ke-2 juga tetap akan dilangsungkan di Solo, karena Persija belum bisa menggunakan Stadion Gelora Bung Karno sebagai kandang. 

Selain bermain di semifinal, tim ibukota juga akan memainkan laga perdana mereka di Piala AFC. Persija akan berhadapan dengan tim asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim (14/02/18).

Oleh karena itu, Macan Kemayoran mengalami waktu pertandingan yang cukup padat. Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco diperkirakan akan membagi skuat Persija ke dalam dua tim. 

Mantan ketua Jakmania, Richard Achmad menilai, ini tak akan menjadi kekhawatiran bagi Macan Kemayoran. Ia memberi contoh ketika skuat Persija dibagi dua saat menjalani turnamen Boots Sport Fix di Malaysia beberapa waktu lalu, Teco harus membagi dua timnya, yang satu dimainkan di babak penyisihan grup Piala Presiden.

© Media Persija
Kiri-kanan: Sandi Darma Sute, Bambang Pamungkas, dan Marko Simic. Copyright: Media PersijaKiri-kanan: Sandi Darma Sute, Bambang Pamungkas, dan Marko Simic.

"Leg ke-2 kan tanggal 12, nah AFC tanggal 14, mungkin pemainnya akan dibagi. Nanti setengah main disini setengah berangkat ke Malaysia," tuturnya kepada INDOSPORT via telepon (07/02/18).

Richard menilai, Tim ibukota itu mampu melewati babak penyisihan Piala Presiden sampai ke semifinal. Padahal di awal, skuatnya dibagi dua. Bahkan ada beberapa yang bermain untuk Timnas Indonesia kala itu.

© Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Sriwijaya FC Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPSMS Medan vs Sriwijaya FC

“Jadi kalau dilihat analisanya, memang Persija akan andil juga, main di leg pertama ini gak akan main-main. Persija akan mencuri poin penuh di leg pertama sebelum skuat dipecah untuk ke Malaysia. Maksimalkan poin lah di leg pertama, tidak kosong jadinya," tambahnya.

"Buktinya waktu diawal Presiden kan sempat dipecah jadi dua tim tuh, yang satu turnamen di Malaysia, yang satu di Madura, buktinya Persija bisa sampai ke semifinal sampai sekarang. Jadi saya rasa optimis lah bisa sampai ke final," tutupnya.

261