Bola Internasional

Pernah Bobol Gawang Timnas Italia, Eks Borneo FC Pensiun

Minggu, 11 Februari 2018 18:20 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Mantan penyerang Borneo FC, Shane Edward Smelt memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola setelah menggeluti profesi sebagai pesepakbola selama 18 tahun lamanya. Penyerang berpostur 186 cm ini tercatat memulai karier profesionalnya saat ia berusia 18 tahun bersama klub Gold Coast Ciry, Australia.

Ia sudah memperkuat 18 klub selama menjalani profesi sebagai pesepakbola. Dengan catatan, pernah memperkuat 12 tim asal Australia dan bermain di 3 klub asal Inggris. Dia juga pernah membela klub asal turki, Genclerbirligi, lalu pindah ke Kedah FA dan terakhir bermain untuk Borneo FC pada tahun 2017. Selama memperkuat tim asal Kalimantan itu, ia  mencetak 5 gol dari 20 penampilannya musim lalu.

Shane Smelt memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola di usianya yang menginjak 36 tahun. Ia juga tidak lupa memberikan kata perpisahan untuk para penggemarnya di seluruh dunia melalui Instagram pribadi miliknya @shen.smeltz.

 

It’s difficult to put a career into words. The time comes to us all & I guess I know the right time is now for me to announce my retirement from professional football. I feel blessed to have had an 18 year career that’s made me who I am today! What a ride .. ups & downs, boyhood dreams coming true from World Cup, Olympics, playing against the worlds best & too many goals for one bag to carry! ⚽️😉 The friendships along the way are priceless & I would love to thank everyone who’s been a part of my career (too many to mention) every club, every teammate & every fan that’s seen the journey. I want to thank my mum & dad for their support from the very start and special mention to my amazing wife & kids .. without them this all wouldn’t have been possible! Now that I’ve closed the door on my playing days I’m looking forward to taking every bit of experience & knowledge I’ve gained into my next chapter and I’m pleased to say I will be staying in the game that I love until I stop breathing 🙌🏼⚽️ thanks to @pineyzb for great write up- link in comments 👍🏼

A post shared by SHANE SMELTZ (@shane.smeltz) on

"Kini tiba waktunya untuk saya pensiun dan saya kira ini adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan pensiun saya dari sepak bola profesional. Saya merasa diberkati untuk memiliki karir 18 tahun yang membuat saya hebat hingga saat ini," tulisnya mengawali salam perpisahan di Instagram.

"Saya sudah mewujudkan impian saya sebagai pesepakbola, saya sudah mengalami  pasang surut, mimpi di masa kecil untuk bermain di Piala Dunia sudah terwujud, saya sudah bermain dan melawan para pemain terbaik di dunia. Saya memiliki banyak sahabat selama menjadi pesepakbola. Persahabatan  tak ternilai harganya dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah menjadi bagian dari karier saya. Saya tidak bisa sebutkan satu persatu," lanjut Shane.

© Istimewa
Marquee Player Borneo FC, Shane Smeltz. Copyright: IstimewaMarquee Player Borneo FC, Shane Smeltz.

Selain mengucapkan salam perpisahannya kepada orang-orang yang telah menjadi bagian dari kariernya, Shane juga mengucapkan terima kasih kepada semua klub yang pernah dibelanya. Selain malang melintang di sepakbola Australia, Shane sempat mencicipi kerasnya sepakbola di Indonesia bersama Borneo FC.

Shane juga merupakan pencetak gol untuk Selandia Baru saat berhadapan dengan Italia di laga babak Grup F Piala Dunia 2010 lalu yang saat itu berlangsung Afrika Selatan. Laga antara Selandia Baru dan Italia itu berakhir imbang 1-1 berkat gol Shane.

187