Liga Champions

Brace Higuain Bawa Juventus Unggul di Babak Pertama

Rabu, 14 Februari 2018 03:57 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Juni Adi
© Getty Images
Gonzalo Higuain Copyright: © Getty Images
Gonzalo Higuain

Babak Pertama

Juventus langsung tampil agresif sejak peluit babak pertama dibunyikan. Laga baru berjalan dua menit, tuan rumah sudah unggul melalui Higuain, yang memanfaatkan umpan manis Pjanic yang berawal dari tendangan bebas.

Unggul satu gol tak membuat Juventus menghendorkan serangan. Buffon dkk terus menekan dan tak memberikan sedikitpun kesempatan kepada Spurs untuk mengembangkan permainan.

Tak pelak, taktik itu berhasil membuat pertahanan Spurs ketar-ketir. Benar saja, Juve berhasil menggandakan keunggulan melalui Higuain, setelah Bernardeschi dilanggar di dalam kotak penalti pada menit ke-7. Tanpa hambatan, penyerang Argentina itu sukses menceploskan bola ke gawang Lloris.

Tertinggal dua gol, Spurs mencoba bangkit, dan mengambil alih permainan. Sejak menit ke-10, serangan demi serangan terus diupayakan oleh Harry Kane cs demi bisa membongkar pertahanan Juve. Namun, upaya mereka kerap gagal lantaran kokohnya barisan pertahanan tuan rumah.

Hingga memasuki pertengah babak pertama, kedua tim saling jual beli serangan. Pada menit ke-25 misalnya, Buffon melakukan penyelamatan gemilang saat menghalau sundulan Kane di depan mulut gawang. 

Peluang emas pun didapat Juve, setelah kembali diberi hadiah penalti pada menit ke-31, karena Douglas Costa dilanggar di kotak terlarang. Higuain yang maju sebagai algojo, tak mampu menunaikan tugasnya dengan baik. Bola sepakan penaltinya membentur tiang atas, ia pun gagal mencetak hat-trick.

Barulah pada menit ke-34, kesabaran anak asuh Pochettino akhirnya berbuah hasil. Kane sukses mencetak gol usai memperdaya Buffon setelah lolos dari jebakan offside. Skor berubah menjadi 2-1, yang bertahan hingga babak pertama usai.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Juventus

Buffon; De Sciglio, Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic; Bernardeschi, Douglas Costa, Mandzukic; Higuain.

Tottenham Hotspur

Lloris; Aurier, Sanchez, Vertonghen, Davies; Dier, Dembele; Eriksen, Alli, Lamela; Kane.

276