Liga Indonesia

10 Hari Jelang Verifikasi, Stadion Milik PSMS Medan Masih Mengkhawatirkan

Rabu, 14 Februari 2018 23:50 WIB
Penulis: Kesuma Ramadhan | Editor: Juni Adi
© Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Stadion Teladan saat digenangi air. Copyright: © Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Stadion Teladan saat digenangi air.

Renovasi Stadion Teladan masih terus dikebut pengerjannya demi mengakhiri dahaga publik Medan yang ingin menyaksikan langsung tim kebanggannya, PSMS bertanding di kandangnya sendiri.

Hanya saja, masih banyak aspek yang belum terpenuhi sesuai syarat yang diberlakukan tim verifikasi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Padahal, waktu yang tersisa hanya tingga10 hari lagi sebelum tim verifikasi datang ke Medan untuk meninjau langsung.

© INDOSPORT/Kesuma Ramadhan
Kondisi terkini Stadion Teladan Medan. Copyright: INDOSPORT/Kesuma RamadhanKondisi terkini Stadion Teladan Medan.

Sejauh ini, pengerjaan perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Medan baru meliputi fasilitas seperti toilet, ruang ganti pemain yang sudah menggunakan AC, bench pemain,  papan skor, atap tribun penonton, lampu stadion, hingga rumput lapangan. 

Hanya saja yang mengkhawatirkan, saat ini adalah kondisi rumput yang belum tumbuh maksimal di bagian sisi lapangan, dan permukaan lapangan yang belum rata seutuhnya.

Kendati demikian, sekretaris umum PSMS, Julius Raja sebelumnya mengaku optimis Stadion Teladan bisa digunakan sebagai home base putaran pertama Liga 1, karena renovasi sudah mencapai tahap 95 persen untuk selesai.

“Tim verifikasi dari PT LIB akan melakukan verifikasi Stadion Teladan pada 25 Februari. Tapi, yang pasti kami optimis Teladan akan siap sebagai kandang utama PSMS di Liga 1,” ucap Julius beberapa waktu lalu.

Sementara hal berbeda diutarakan oleh pihak tim verifikasi yang diketuai Surya Binanga dan Zumi, sudah meninjaunya pada 26 Januari lalu. Menurutnya, Stadion Teladan masih belum layak digunakan untuk pertandingan Liga 1.

© INDOSPORT/Kesuma Ramadhan
Kondisi terkini Stadion Teladan Medan. Copyright: INDOSPORT/Kesuma RamadhanKondisi terkini Stadion Teladan Medan.

"Dari hasil hari ini memang masih banyak catatan yang harus dikebut secepatnya oleh PSMS. Misalnya, lapangan yang masih banyak pasir dan tentu saja belum layak untuk pertandingan,” ucap Surya.

Untuk lampu penerangan, pihaknya menginginkan pencahayaan lampu Stadion harus mengacu pada regulasi AFC untuk kompetisi level utama minimal 800 lux. “Teladan sejauh ini cuma 225 Lux. Masih jauh sekali. Beberapa tiang masih ada yang mati lampunya. Kami tunggu update-nya,” ujar Zumi.

Rencananya, tim verifikasi akan kembali melakukan penilaian lanjutan pada 25 Februari mendatang. Saat itulah tim dari PT LIB akan menentukan apakah Stadion Teladan layak digunakan sebagai home base PSMS atau tidak.