Liga Europa

Ludogorets 0-3 AC Milan: Racikan Gattuso Ampuh

Jumat, 16 Februari 2018 03:05 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Abdurrahman Ranala
© AC MIlan
Ludogorets 0-3 AC Milan. Copyright: © AC MIlan
Ludogorets 0-3 AC Milan.

Babak Pertama

AC Milan yang di atas kertas berada di atas klub asal Bulgaria ini tampil mendominasi di babak pertama. Sejak menit awal, Bonucci dkk menguasai jalannya laga, sementara tuan rumah praktis hanya mengandalkan serangan balik.

Rossoneri yang lebih banyak menguasai bola sempat mengancam pertahanan Ludogorets pada menit ke-21, melalui Calhanoglu. Sayang, sepakan keras pemain Turki itu masih bisa diblok oleh bek Ludogorets, dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Mendapat tekanan, tuan rumah berinisiatif main agresif. Taktik ini terbukti berhasil, Ludogorets berhasil mengambil alih jalannya pertandingan sejak menit ke-30 hingga turun minum. Sayangnya tak ada satupun peluang yang berpotensi menjadi gol.

Keasyikan menyerang, Ludogorets justru kecolongan satu menit sebelum turun minum. Aktor antagonis bagi tuan rumah itu adalah Cutrone, yang sukses memanfaatkan assist manis dari Hakan Calhanoglu. Skor 0-1 menjadi skor akhir pertandingan di babak pertama.

© Getty Images
AC Milan vs Ludogorets Copyright: Getty ImagesBonucci kawal pemain Ludogorets di ajang Liga Europa

Babak Kedua

Masuk babak kedua, Ludogorets mengganti, Swierczok dengan memasukkan, Wanderson. Keputusan pelatih mengganti pemain yang beroperasi di sisi kiri itu terbilang sukses. Tercatat, peluang-peluang tuan rumah tercipta melalui skema serangan dari sisi tersebut.

Ludogorets sendiri tampil begitu agresif sejak menit awal. Mereka bahkan hampir menyamakan kedudukan melalui sepakan keras, Svetoslav Dykov pada menit ke-54. Sayang tendangannya masih mengenai mistar gawang. Kendati tampil menyerang, Ludogorets malah kembali kebobolan. Kali ini melalui titik penalti yang dieksekusi oleh pemain pengganti, Rodriguez. 2-0 untuk Milan.

 
Semenjak Rossoneri sukses menambah keunggulan, permainan tuan rumah kembali melempem. 15 menit sebelum waktu normal berakhir, kedua tim saling bertukar serangan. Petaka bagi tuan rumah, sebab pada masa pertambahan waktu gawang mereka kembali bobol nelalui kaki Fabio Borini. 3-0 untuk kemenangan tim tamu AC Milan.

Atas hasil ini, Rossoneri selangkah lebih maju untuk mendapatkan tiket babak 16 besar Liga Europa musim 2017/18. Leg kedua nanti akan berlangsung di San Siro, Jumat (23/02/18) mendatang.

Berikut ini susunan pemain kedua tim:

Ludogorets: Renan Santos, Cicinho, Moti, Plastun, Sasha, Anicet, Dyakov, Lukoki, Marcelinho, Misidjan, Swierczok. 

AC Milan: Donnarumma; Abate, Bonucci, Romagnoli, Calabria; Kessie, Biglia, Bonaventura; Suso, Cutrone, Calhanoglu  

705