Liga Indonesia

Osvaldo Haay Cedera, Dokter Timnas Indonesia Beri Penjelasan

Senin, 19 Februari 2018 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lutfi Kamal mencoba menggangu pergerakan Osvaldo Haay. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lutfi Kamal mencoba menggangu pergerakan Osvaldo Haay.

Winger lincah Timnas Indonesia, Osvaldo Haay, terpaksa menjalani latihan secara terpisah dua hari belakangan pada pemusatan latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Hal itu terjadi akibat cedera ringan pada kaki kanannya setelah dua hari lalu membela Persebaya Surabaya di laga uji coba melawan PSS Sleman.

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, menjelaskan jika cedera Osvaldo hanya butuh recovery atau beritirahat selama beberapa hari ke depan. Pemain asal Papua itu disebut mengalami kelelahan akibat jadwal yang padat sehingga berefek pada otot paha kanannya.

"Osvaldo hanya cedera ringan tidak apa-apa. Dia hanya merasakan sakit di bagian otot paha kanan, mungkin kelelahan karena baru main buat Persebaya saat lawan PSS Sleman. Hanya butuh recovery beberapa hari, jadi dia hanya ikut latihan terpisah," urai dokter Syarif Alwi.

© Internet
Syarif Alwi Copyright: InternetSyarif Alwi

Selain Osvaldo, kiper senior milik Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, juga tak ikut latihan secara penuh pada hari ini dan hanya beristirahat di pinggir lapangan. Akan tetapi, Andritany sejatinya tidak mengalami cedera dan hanya meminta izin untuk absen latihan karena kelelahan usai laga final Piala Presiden 2018. 

Di sisi lain, dua pemain lainnya yakni Septian David Maulana dan Bagas Adi terpaksa menyudahi latihan lebih awal pada hari ini. Keduanya dilaporkan mengalami cedera ringan akibat intensitas dan kontak fisik yang terjadi saat menjalani latihan. Baik Septian dan Bagas Adi hanya mengalami cedera ringan dan akan diperiksa lebih lanjut karena mengaku masih nyeri ketika berjalan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lutfi Kamal mencoba menggangu pergerakan Osvaldo Haay. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLutfi Kamal mencoba menggangu pergerakan Osvaldo Haay.

Mengenai hal itu, pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, sangat menyayangkannya. Akan tetapi, pria asal Spanyol itu memaklumi keadaan yang menimpa anak asuhnya karena hal itu kerap dan wajar terjadi di saat latihan maupun pertandingan sepakbola. Ia berharap Septian, Osvaldo dan Bagas Adi secepatnya pulih karena mereka sangat dibutuhkan dalam persiapan menuju Asian Games 2018.

"Sangat disayangkan dengan adanya tiga pemain yang cedera. Saya rasa para pemain berlatih dengan intensitas tinggi jadu adang-kadang kami tidak bisa mengendalikan hal-hal semacam itu," ucapnya usai latihan.