Liga Champions

Ditahan Imbang Chelsea, Pelatih Barcelona Pesimis Bakal Lolos

Rabu, 21 Februari 2018 10:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images
Selebrasi Lionel Messi dan Andres Iniesta. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Lionel Messi dan Andres Iniesta.

Barcelona hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Chelsea di Stamford Bridge dalam ajang Liga Champions babak pertama, Rabu (21/02/18) dini hari tadi. Harusnya hasil imbang ini tentu menguntungkan Barcelona yang akan memainkan leg kedua di Camp Nou.

Pada laga tersebut Lionel Messi berhasil mencetak gol pertamanya ke gawang Chelsea di menit ke-75. Sedangkan tim tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Willian di menit ke-62.

© INDOSPORT
Duel udara para pemain Chelsea dan Barcelona pada laga Liga Champions. Copyright: INDOSPORTDuel udara para pemain Chelsea dan Barcelona pada laga Liga Champions.

Menurut pelatih Barcelona Ernesto Valverde, laga ini bukanlah permainan terbaik timnya sejauh musim ini. Dirinya juga berpikir kalau gol tersebut tidak membuat timnya bakal mudah untuk lolos di leg kedua pertengahan Maret nanti.

"Sangat penting mencetak gol di markas lawan, tapi itu tidak berpengaruh apa-apa untuk leg kedua nanti. Mereka mungkin senang dengan hasilnya dan kita harus menghormati gaya permainan mereka," kata Valverde di konferensi pers pasca pertandingan. 

© INDOSPORT
Chelsea vs Barcelona. Copyright: INDOSPORTChelsea vs Barcelona.

Dalam beberapa kesempatan Barcelona mendapatkan tekanan yang lumayan berbahaya dari Chelsea. Namun anak asuh Valverde mencoba mengendalikan permainan, bahkan mampu kembali menekan barisan pertahanan The Blues.

"Kami membuatnya menjadi hal yang sangat positif, ini adalah gaya kami yaitu mencoba mengendalikan permainan. Kami memiliki penguasaan bola dan berusaha mendekati gawang sebisa mungkin. Mereka mencoba untuk menekan kami lewat serangan balik," beber pelatih asal Spanyol itu.

© INDOSPORT
Chelsea vs Barcelona Copyright: INDOSPORTChelsea vs Barcelona

Sebenarnya Barcelona memiliki kualitas di lini serang, namun mereka banyak membuang kesempatan di laga tadi. Selain menyayangkan peluang yang berakhir sia-sia di depan gawang Chelsea, Valverde juga mengaku beruntung peluang Willian membentur tiang sebanyak dua kali. 

"Kami memiliki kualitas di lini depan. Ada banyak peluang dan mereka bertahan dengan baik, sepakan Willian mengenai tiang beberapa kali dan peluang kami juga terlihat sia-sia," pungkas Valverde.

Selanjutnya Chelsea akan bertandang ka markas Barcelona di Camp Nou pada Kamis (15/03/18) dini hari. Laga kedua nanti akan menjadi keuntungan bagi Barcelona karena mereka memiliki satu gol tandang usai hasil imbang 1-1 di leg pertama di Stadion Stamford Bridge.

338