Liga Spanyol

Ajak 3 Perusahaan Jadi Sponsor, Barcelona Siap 'Jual Nama' Camp Nou

Kamis, 22 Februari 2018 13:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Barcelona mengungkapkan rencana untuk merenovasi stadion milik mereka Camp Nou. Pihaknya juga tengah membicarakan rencana ini dengan tiga perusahaan yang tengah berjuang untuk mendapatkan hak pengunaan nama stadion atas renovasi tersebut.

Barcelona berharap bisa merenovasi Camp Nou dan daerah sekitarnya dengan total dana renovasi sebesar menghasilkan 566 juta euro atau sekitar Rp950 miliar.

Hak penamaan atas tanah mereka diperkirakan akan terjual lebih dari 230 juta euro atau sekitar Rp480 miliar, setengah dari uang yang mereka butuhkan untuk renovasi.

Dilansir dari Express UK, para petinggi klub termasuk Presiden Barca Josep Maria Bartomeu sedang dalam pembicaraan dengan calon investor. "Ada dua dari tiga perusahaan yang kita ajak bicara," ungkapnya.

Dua dari tiga perusahaan tersebut diungkapkan langsung oleh Bartomeu kepada Bloomberg. Yakni adalah Beko dan Espai Barca.

"Beko merupakan perusahaan sponsor terakhir Barca yang akan melakukan pembaharuan kesepakatan. Langkah selanjutnya adalah membicarakan hak penamaan ke stadion," tutunya.

"Espai Barca untuk pembaharuan total stadion, tapi tidak hanya stadion, juga bagian dari Kota Barcelona karena kami akan memiliki arena baru."

"Kedua perusahaan sponsor kami mungkin akan membawa setengah dari investasi yang kami perlukan," tambahnya.

© Etsuo Hara/Getty Images
Suasana di Stadion Camp Nou. Copyright: Etsuo Hara/Getty ImagesSuasana di Stadion Camp Nou.

Salah satu tujuan klub adalah menghasilkan uang setiap tahun, karena klub juga harus menginvestasikan kembali uang itu untuk para pemain dan real estate.

Camp Nou merupakan salah satu stadion terbesar di Eropa yang juga rumah Blaugrana sejak 1957. Kapasitas kursi penonton mencapai 90 ribu kursi. Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah pertandingan final Liga Champions pada 1989 dan 1999. 

338