Liga Indonesia

Pelatih Persija Angkat Bicara Soal Naturalisasi Marko Simic

Kamis, 22 Februari 2018 14:56 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United di Final Piala Presiden 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United di Final Piala Presiden 2018.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, angkat bicara mengenai ramainya perbincangan maupun harapan dari berbagai pihak agar Marko Simic dinaturalisasi. Sebagai pelatih, Teco menyebut dirinya akan menyerahkan sepenuhnya keputusan terkait naturalisasi kepada sang pemain.

“Harus tanya pemain kalau dia mau kenapa tidak dan itu bagus untuk timnas,” ujar pelatih asal Brasil tersebut.

Sebelumnya, Simic sempat menyatakan kesediannya untuk memperkuat Timnas Indonesia jika memang PSSI membutuhkanya. Tak butuh waktu lama bagi penyeran 30 tahun itu untuk menunjukkan keperkasaannya sebagai juru gedor Persija.

"Bila saya diminta PSSI untuk bermain di timnas Indonesia, itu akan menjadi kebanggaan. Bermain untuk timnas merupakan kebanggaan bagi pemain pemain sepakbola. Kalau Indonesia membutuhkan saya, saya ada di sini," ujar Simic.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco saat jumpa pers jelang Laga Bhayangkara FC vs Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco 

Namun ada syarat yang harus dipenuhi Simic jika ingin menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI). Simic setidaknya harus lima tahun berturut-turut tinggal di Tanah Air dan itu berarti ia baru dapat dinaturalisasi saat menginjak usia 35 tahun.

Total Sembilan gol dilesakkan oleh mantan pemain Timnas Kroasia U-21 itu untuk Persija di ajang Piala Presiden 2018 lalu. Kegemilangan tersebut membawa Persija sukses meraih gelar juara, ia pun menyabet gelar top skorer dan pemain terbaik turnamen bergengsi tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United di Final Piala Presiden 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United di Final Piala Presiden 2018.
678