Liga Indonesia

Terbongkar! Sihar Sitorus Juga Sempat Ingin Akuisisi Klub Spanyol

Jumat, 23 Februari 2018 15:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Metrotvnews.com
Sihar Sitorus Copyright: © Metrotvnews.com
Sihar Sitorus

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagub Sumut) Sihar Sitorus baru-baru ini menggegerkan dunia sepakbola Indonesia. Sebab dirinya baru saja mengakusisi klub Divisi Tiga Belgia.

Sayangnya, Sihar enggan membeberkan nama klub yang telah diambil alihnya itu. Pria 50 tahun ini juga turut menjanjikan para pemain berbakat Indonesia untuk terjun langsung menjadi bagian dari klub miliknya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sihar Sitorus. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTMantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sihar Sitorus.

Dirinya juga memiliki alasan tersendiri dalam mengakusisi klub Belgia dibanding klub Eropa lainnya. Sebab peraturan kompetisi di Belgia sangat berbeda dan agak longgar dalam jumlah minimum gaji.

"Di sana aturannya untuk pemain asing lebih longgar, meski ada jumlah minimum gaji untuk pemain asing sekitar 70 ribu Euro. Artinya saya lebih mudah untuk membawa pemain Indonesia ke sana. Karena saya ingin memboyong pemain asal Indonesia, tapi tentunya yang juga punya kualitas," ungkap Sihar dicuplik laman Medan Today.

© IndependensI
Roberto Mancini dan Sihar Sitorus. Copyright: IndependensIRoberto Mancini dan Sihar Sitorus.

Namun jika disadari lebih jauh, ternyata mantan Komite Eksekutif PSSI ini juga sempat ingin membeli secara total klub asal Spanyol, tepatnya Divisi Dua Spanyol pada tahun 2012 lalu. Klub yang dimaksudkan adalah FC Cartagena.

"Saya masih sekadar mencari-cari informasi mengenai klub-klub luar negeri, salah satunya klub Spanyol Cartagena," beber Sihar dilansir Detik pada Kamis (22/03/12) silam.

© Istimewa
Ilustrasi Logo FC Cartagena. Copyright: IstimewaIlustrasi Logo FC Cartagena.

Dipilihnya klub tersebut, menurut Sihar, adalah salah satu negara dengan sistem sepakbola yang mengalami perubahan secara signifikan. Sebab pada tahun 2012 lalu, Spanyol berhasil keluar sebagai juara Piala Eropa.

"Rencana membeli klub Spanyol tersebut adalah untuk memotivasi pemain-pemain Indonesia supaya berprestasi lebih tinggi. Nantinya, mereka akan diberi kesempatan untuk menambah jam terbang ke Spanyol," pungkas Sihar.

418