Liga Indonesia

Persebaya Surabaya 3-1 Persiba Balikpapan : Persebaya Menang Dramatis

Senin, 26 Februari 2018 22:07 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Hasil pertandingan Persebaya Surabaya vs Persiba Balikpapan. Copyright: © INDOSPORT
Hasil pertandingan Persebaya Surabaya vs Persiba Balikpapan.

Babak Pertama

Peluit sudah dibunyikan wasit tanda babak pertama dimulai. Persebaya Surabaya tampil menggebrak di awal-awal menit pertandingan dan mengurung pertahanan Persiba Balikpapan. Mereka tampaknya ingin segera mencetak gol agar lolos ke babak Semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018.

Permainan terbuka mulai diperagakan kedua kesebelasan di menit-menit awal. Persiba mampu mengambil insiatif serangan dan nyaris mencetak gol di menit ke 12. tendangan menyisir tanah yang dilakukan pemain Persiba masih bisa diamankan penjaga gawang Persebaya, Alvonsius Kelvan.

Hingga menit ke-25 kedua tim masih memperegakan tempo permainan cepat. masing-masing tim sih berganti dalam melakukan ancaman ke dalam kotak penalti lawan. Memasuki waktu water break, skor masih sama kuat di laga ini. Pertandingan dilanjutkan, Persebaya kembali mengambil tempo permainan. 

Namun memasuki menit ke-38 tempo permainan dimilki oleh Persiba lewat dukungan suporternya, Persiba mampu mengembangkan permainan mereka. Akhirnya dimenit ke-42, Persiba mendapat hadiah penalti setelah Beni Oktovianto dijatuhkan di kotak penalti. Bryne Cesar yang menjadi eksekusi penalti berhasil menuntaskan tugasnya dan membawa Persiba unggul 1-0. 

Memasuki menit 45, Injury time dua menit diberikan wasit di babak pertama. Kedua tim tetap menampilkan tempo yang  cepat di sisa babak pertama.  Meski begitu tak ada peluang berarti yang didapat kedua tim. Akhirnya wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama dan Persiba unggul 1-0 atas Persebaya Surabaya.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, hujan deras mengguyur Stadion Babakan. Meski begitu, kedua tim tetap menampilkan tempo permainan cepat. Meski unggul 1-0, Persiba tampak melakukan inisiatif serangan di awal babak kedua. Hingga memasuki menit 50, Bryne Cesar dkk tetap menggempur pertahanan Persebaya.

Memasuki menit ke 59 Persebaya berhasil keluar dari tekanan Persiba. Perlahan mereka mulai mengusai jalannya pertandingan mengepung pertahanan Persiba. Namun akibat terburu-buru, Persebaya gagal dalam memanfatkan peluang yang ada.

Hingga pada menit ke-81, Fauzi berhasil menyamakan kedudukan setelah menerima umpan dari sisi kiri yang dilepaskan Pahabol. Tendangannya berhasil mengoyak gawang Persiba dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Bahkan di menit ke-84 berkat permainan yang tak mengenal kata menyerah, Persebaya berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah kapten tim, Rendi Irawan mencetak gol melalui tendangan dari dalam kotak penalti yang tak bisa dihalau oleh kiper Persiba.

Meski sudah unggul, Persebaya tetap melancarkan serangan dan tidak puas dengan keunggulan yang dimiliki. Mereka menggempur pertahanan Persiba hingga menit ke 90. Injury time 4 menit diberikan oleh wasit. Intens permainan semakin meningkat. Persebaya tetap menggempur pertahanan lawan.

Hasilnya di menit ke 93, mereka berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1 setelah Irwan mencetak gol keduanya berkat sepakan keras ke arah gawang Persiba. Alhasil, gol tersebut sekaligus menutup laga dengan kemenangan untuk Bajul Ijo.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persebaya Surabaya: Alvonsius Kelvin; Moch Irvan, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Arthur Irawan, Misbakus Solikin, Nelson Alom, Fandi Eko, Irfan Jaya, Pedro Henrique, Riky Kayame.
Pelatih :  Alfredo Vera

Persiba Balikpapan: Fajar Setya; Siswanto, Hery Susilo, Sigit Meiko, Fathful Rachman, Sandi Septian, Bryan Cesar, Yosep Yopi, Beni Oktovianto, Dimas Galih, Rosi Norphianis. 
Pelatih : Wanderley Junior