Bola Internasional

Laga-laga Berikutnya Chelsea akan Tentukan Masa Depan Sepakbola Italia

Rabu, 28 Februari 2018 09:58 WIB
Editor: Gerry Crisandy
© Michael Regan/Getty Images
Pelatih Chelsea, Antonio Conte. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Pelatih Chelsea, Antonio Conte.

Pelatih Chelsea Antonio Conte semakin tersudutkan, terutama usai kekalahan atas Manchester United dalam ajang Liga Primer Inggris. Kekalahan tersebut menempatkan peluang Chelsea untuk finis di empat besar -- yang juga berarti partisipasi di Liga Champions Eropa -- berada di ujung tanduk.

Terdampar di posisi kelima tabel klasemen, Chelsea masih harus dihadapkan dengan lawan-lawan tangguh di lima pertandingan ke depan -- termasuk Manchester City, Barcelona (Liga Champions] dan Tottenham Hotspur.

Hasil buruk di beberapa pertandingan yang akan datang bisa saja menghadiahkan Conte tiket satu arah ke Italia. Chelsea, seperti kita ketahui, tidak sungkan untuk memutuskan kontrak dengan seorang pelatih yang dianggap gagal memberikan hasil yang ditargetkan.

© Getty Images
Antonio Conte dan Leonardo Bonucci ketika memperkuat Timnas Italia. Copyright: Getty ImagesAntonio Conte dan Leonardo Bonucci ketika memperkuat Timnas Italia.

Dengan panasnya situasi kursi kepelatihan Chelsea saat ini, Wakil Komisional Federasi Sepak Bola Italia, Alessandro Constacurta mengungkapkan bahwa Conte merupakan kandidat utama untuk menukangi timnas Italia.

"Saya belum memilih tapi saya pikir Conte adalah yang dapat melakukan yang terbaik," ungkap Costacurta kepada Gazzetta dello Sport

"Sudah pasti saya akan berbicara dengannya dalam beberapa bulan ke depan," tambah mantan pemain AC Milan tersebut. Constacurta sendiri dilaporkan mengemban tugas untuk menemukan pengganti Gian Piero Ventura, mantan pelatih Italia yang dipecat setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

© BBC
Alessandro Costacurta Copyright: BBCAlessandro Costacurta

Costacurta sendiri juga menyebutkan alasan mengapa Conte dianggap sebagai pilihan utama dibandingkan kandidat-kandidat dengan nama besar lainnya, seperti: Roberto Mancini, Claudio Ranieri dan Carlo Ancelotti, "Ia [Conte] telah menunjukkan bahwa ia mengerti bagaimana caranya menjadi pelatih tim nasional sementara yang lain belum," tuturnya. 

"Bukan berarti saya tidak akan bahagia dengan Mancini atau dengan Ancelotti -- meskipun [Ancelotti] telah mengundurkan dirinya dari bahan pertimbangan.

"Saya tidak akan melalaikan pelatih-pelatih di Serie A Italia [Pelatih Atalanta Gian Perro Gasperini dan pelatih Sampdoria Marceo Giampolo] dapat melakukannya dengan baik."

Costacurta juga menepis kemungkinan pelatih anyar AC Milan ditunjuk untuk menukangi Gli Azzurri, "Saya akan mengatakannya langsung bahwa saya tidak akan menghubungi [Pelatih AC Milan, Genarro] Gattuso. Masih terlalu cepat."

"Saya yakin ia [Gattuso] akan menjadi pelatih timnas dalam beberapa tahun karena ia memiliki segalanya: karakter, keberanian. Saya sangat menyukainya, tapi menunjuknya sekarang merupakan hal buruk baginya," tutupnya.

Pelatih U-21 Italia, Luigi di Biagio untuk sementara ini ditunjuk sebagai pelatih interim untuk pertandingan persahabatan melawan Argentina dian Inggris.