Liga Indonesia

Faktor Keamanan, Panitia Piala Gubernur Kaltim Pindahkan Venue Persebaya vs Arema FC

Jumat, 2 Maret 2018 09:31 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© Indosport.com
Persebaya vs Arema FC Copyright: © Indosport.com
Persebaya vs Arema FC

Pertemuan Arema FC kontra Persebaya Surabaya memang akan menjadi perhatian besar dari publik sepakbola tanah air. Kedua tim itu akan bertarung di babak semifinal Piala Gubernur Kaltim, selain laga Borneo FC kontra Sriwijaya FC pada Jumat (02/03/18) sore nanti.

Khusus Arema vs Persebaya, Panitia Pelaksana (Panpel) turnamen PGK pun tak mau kecolongan. Antisipasi tepat sudah disusun secara matang, salah satunya dengan memindahkan lokasi pertandingan.

Awalnya, venue di babak semifinal itu akan dihelat di Stadion Segiri, Samarinda. Namun, keputusan itu direvisi dengan menempatkan empat tim teratas itu ke Stadion Palaran, Samarinda.

"Selain itu, jadwal kick-off pertandingan Persebaya melawan Arema FC juga berubah jadi sore pukul 16:30 WITA (pukul 15:30 WIB, setelah sebelumnya dijadwalkan pada 19:30 WIB)," kata Ketua Panitia Pelaksana Turnamen PGK, Dayang Donna Faroek.

"Pertimbangan utama memindahkan stadion adalah faktor keamanan, karena Stadion Segiri sangat dekat dengan kawasan pemukiman penduduk," imbuh putri Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak tersebut.

© Jawa Pos
Persebaya vs Arema Copyright: Jawa PosPersebaya vs Arema

Upaya antisipasi lainnya juga akan dilakukan pihak Panpel. Seperti dengan penjagaan titik-titik tertentu untuk memantau mobilitas para suporter dari empat tim yang bertanding di semifinal, terutama Aremania maupun Bonek Mania.

"Saat ini kami juga tengah memasuki waktu Pilkada, sehingga berupaya untuk menghindari benturan (massa) secara signifikan," jelas Donna.

"Khusus dua suporter (Aremania dan Bonek) akan mendapat perhatian ekstra dari Pemerintah Kaltim, sejak dari Balikpapan hingga Samarinda," pungkasnya.