Bola Internasional

Rapor Pemain Persija yang Ditahan Imbang 10 Pemain Song Lam Nghe An

Selasa, 6 Maret 2018 20:43 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© afc.com
Vava Mario (kanan) dihadang pemain Sông Lam Nghệ An. Copyright: © afc.com
Vava Mario (kanan) dihadang pemain Sông Lam Nghệ An.

Persija memainkan formasi 4-3-3 dengan memasang empat pemain di lini belakang, yakni Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Vava Mario Tagalo, dan Rezaldi Hahenusa. Sementara di lini tengah, Macan Kemayoran diperkuat oleh Sandy Sute, Rohit Chand, dan Ramdani Lestaluhu. Lalu ada trio Addison Alves, Riko Simanjuntak, dan Marko Simic menjadi andalan di lini depan.

Namun sayang, Tim Ibu Kota nampak kesulitan di pertandingan melawan Song Lam Nghe An yang digelar di Vinh Stadium, Vietnam, tersebut. Tak seperti di laga melawan Tampines Rovers di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) lalu, Marko Simic dkk justru tak mampu menjebol gawang Song Lam yang hanya diperkuat 10 orang usai salah satu pemainnya diganjar kartu merah.

Dari segi penguasaan bola, Persija memang kalaha dibanding tim tuan rumah dengan presentase 52 persen (Song Lam Nghe An) dan 48 persen (Persija). Untuk mengetahui bagaimana performa para pemain Macan Kemayoran dalam pertandingan ini, berikut INDOSPORT sajikan ulasannya.

© afc.com
Ramdhani Lestaluhu (kiri) djatuhkan oleh pemain Sông Lam Nghệ An. Copyright: afc.comRamdhani Lestaluhu (kiri) djatuhkan oleh pemain Sông Lam Nghệ An.

Andritany (7)

Andritany menjadi salah satu pemain yang tampil tetap pada performa terbaiknya dengan menahan gempuran para penyerang Song Lam Nghe An terutama di paruh kedua. Gerakan refleks penjaga gawang 27 tahun itu mampu membuat gawang Macan Kemayoran tetap steril meski sempat terus diserang.

© afc.com
Vava Mario (kanan) dihadang pemain Sông Lam Nghệ An. Copyright: afc.comVava Mario (kanan) dihadang pemain Sông Lam Nghệ An.

Ismed Sofyan (6)

Ismed Sofyan yang di pertandingan melawan Tampines Rovers lalu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tampil cukup baik justru melempem di laga kontra Song Lam Nghe An. Jika saat melawan Tampines, Ismed bahkan mampu menguasai lapangan dan maju ke lini depan kini justru kewalahan menghalau serangan tim tuan rumah.

Maman Abdurrahman (6,5)

Maman Abdurrahman juga tampil di bawah performa terbaiknya. Di usianya yang tak muda lagi, Maman dan Ismed memang harus bekerja keras untuk mampu meredam serangan Song Lam Nghe An, terutama di babak kedua.

Vava Mario Tagalo (6)

Laga Persija melawan Song Lam Nghe An meruoakan debut perdana Vava di kancah Piala AFC. Vava yang menambal posisi yang ditinggalkan Jaimerson da Silva yang terpaksa absen karena kartu merah di pertandingan melawan Tampines Rovers, nampak belum maksimal dalam urusan berkoordinasi dengan pemain belakang lainnya.

Rezaldi Hehanusa (6,5)

Rezaldi tampil cukup baik dengan tetap pada ciri khasnya, yakni maju ke depan untuk membantu serangan. Namun hal tersebut cukup berisiko di pertandingan melawan Song Lam Nghe An kali ini karena ketika pemain belakang yang akrab disapa Bule itu maju, pemain depan tuan rumah justru melakukan tekanan yang berbahaya bagi Persija.

Sandy Sute (6)

Sandy Sute yang merupakan gelandang bertahan juga tidak tampil dalam performa terbaiknya. Performa Sandi tidak terlalu terlihat di laga ini, padahal sebelumnya ia selalu menjadi sosok yang berhasil memutus serangan lawan bahkan sesekali memulai serangan ke area pertahanan lawan.

Rohit Chand (6,5)

Rohit Chand tampil gemilang di pertandingan melawn Tampine Rovers lalu, namun kecemerlangan Rihit tak terlalu nampak kali ini. Meski begitu, gelandang Nepal serba bisa ini mampu mem-back up lini belakang Macan Kemayoran di laga melawan Song Lam Nghe An tadi. Kesigapan Rohit membantu lini belakang membuat Persija setidaknya mampu mengamankan gawang mereka.

Ramdani Lestaluhu (6,5)

Ramdani tak mampu bergerak dengan leluasa di pertandingan melawan Song Lam Nghe An. Jika biasanya ia rajin menyuplai bola ke lini depan, kali ini gelandang 26 tahun oitu justru kesulitan untuk bereksplorasi dan memberikan asupan bola ke lini depan.

Addison Alves (5,5)

Addison belum mampu menunjukkan kemampuannya sebagai seorang striker yang mampu mendampingi sang mesin gol utama, Marko Simic. Penyerang Brasil itu beberapa kali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol namun usahanya justru gagal.

Rico Simanjuntak (6,5)

Rico tetap mampu tampil lincah dengan kemampuannya berlari cepat dan beberapa kali mengecoh lini belakang Song Lam Nghe An. Namun kegesitannya tak mampu membuahkan hasil karena ia nampak bergerak tanpa tujuan, berlari kencang tetapi tak tau harus membawa bola ke mana. Umpan lambung yang kerap dilakukannya juga tak maksimal.

Marko Simic (6,5)

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic bangga bisa membawa kemenangan perdana bagi Persija Jakarta di Piala AFC 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic 

Sang mesin gol, Marko Simic, juga tampil di bawah performa terbaiknya di pertandingan melawan Song Lam Nghe An. Simic yang biasanya garang saat berada di depan gawang justru tak mampu menceploskan bola ke gawang Song Lam. Diharapkan mampu menjadi momok yang lebih berbahaya mengingat ia pernah bermain di klub Vietnam, Simic justru gagal mencetak gol.

358