Liga Indonesia

Profil Tim Peserta Liga 1 2018: PSIS Semarang

Jumat, 9 Maret 2018 21:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
PSIS Semarang. Copyright: © INDOSPORT
PSIS Semarang.

Menyandang status tim promosi, PSIS Semarang tak bisa diremehkan di Liga 1 Indonesia 2018. Klub yang berdiri tahun 1932 ini merupakan salah satu kesebelasan yang memiliki sejarah besar di jagad sepakbola tanah air. Laskar Mahes Jenar, tercatat pernah menjuarai Liga Indonesia pada musim 1998/1999.

Saat itu, bisa dikata PSIS Semarang menjadi satu-satunya klub berlabel Kuda Hitam pertama yang menjuarai Liga Indonesia. PSIS Semarang juga tercatat sebagai  klub eks juara Liga Perserikatan (1986/1987) yang berhasil menjuarai Liga Indonesia.

Sayang, masa keemasan, I Komang Putra dkk tak berlangsung lama, pada musim 1999/2000, dengan status juara bertahan , mereka harus terdegradasi ke divisi 1. Sejak saat itu, prestasi Laskar Mahesa Jenar mulai timbul tenggelam. 

© Istimewa
PSIS Semarang dapat sponsor baru Copyright: IstimewaPSIS Semarang dapat sponsor baru

Barulah pada musim 2006/07, PSIS yang diperkuat, Gustavo Hernan Ortiz, Emanuel De Porras, Foffe Kamara, M. Ridwan, Maman Abdurrahman dan I Komang Putra berhasil sampai ke puncak. Namun sayangnnya, di partai final mereka kalah dengan skor tipis 1-0 dari Persik Kediri.

Kala itu, Christian Gonzalez menjadi aktor antagonis untuk PSIS Semarang lewat sundulannya di menit-menit akhir babak pertambahan waktu. Meski menjadi runner up, PSIS sukses meraih gelar hiburan, setelah Maman Abdurrahman terpilih sebagai pemain terbaik tahun 2006. 

Setelah itu, PSIS Semarang kembali terpuruk, titik awalnya saat mereka kembali terdegradasi pada musim 2008/09 (ISL). Dan yang paling memilukan adalah mereka terlibat dalam skandal 'Sepakbola Gajah' yang menjadi salah satu dari sekian banyak alasan PSSI dibekukan oleh FIFA.

Kuda Hitam

Terlepas dari itu semua, kini Laskar Mahesa Jenar kembali ke tingkat tertinggi sepakbola tanah air. Di bawah komando, Subangkit, PSIS Semarang sukses promosi setelah mendapat tiket terakhir ke Liga 1 Indonesia 2018. Saat itu, mereka berhasil mengalahkan Martapura FC dalam perebutan peringkat ketiga Liga 2 Indonesia 2017.

Berikut INDOSPORT sajikan ulasan mengenai aktivitas transfer pemain PSIS Semarang, formasi yang akan dipakai, dan pemain yang diprediksi akan bersinar di Liga 1 2018? 

306