Liga Indonesia

Ranking FIFA Terbaik dan Terburuk yang Pernah Ditorehkan Timnas Indonesia

Jumat, 13 April 2018 12:27 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Luis Milla dan skuat Timnas Indonesia U22. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Luis Milla dan skuat Timnas Indonesia U22.

Timnas Indonesia sudah mulai berjalan sejak tahun 1930-an, dengan bukti mengikuti Piala Dunia 1938 di Prancis dengan nama Timnas Hindia Belanda, dan sejak saat itu kita belum pernah kembali masuk ke turnamen paling bergengsi level negara itu.

Namun, meski belum mampu kembali ke Piala Dunia sejak tahun 1938, Timnas Indonesia beberapa kali menorehkan prestasi. Tapi ada suka pastinya ada juga duka yang dialami oleh Timnas Indonesia sepanjang sejarah mereka.

Prestasi yang ditorehkan oleh Tim Garuda tentu saja di berbagai ajang seperti Piala Asia, Piala AFF dan juga Piala Dunia 1938. Menorehkan prestasi di berbagai prestasi yang disebutkan di atas, ternyata memengaruhi ranking Indonesia di FIFA.

Berbicara tentang ranking, seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, ada formula khusus yang dipakai FIFA untuk menentukan ranking sebuah negara. 

Yaitu kemenangan di sebuah laga internasional yang terdaftar di FIFA, seberapa bergengsi laga atau kompetisi yang diikuti, seberapa kuat tim lawan yang dihadapi dan juga konfederasi yang mereka ikuti.

Membahas ranking FIFA, tentunya Anda semua penasaran berapa ranking terburuk dan terbaik yang pernah diraih oleh Timnas Indonesia. Berikut INDOSPORT beritahu ranking terbaik dan terburuk sepanjang sejarah.