Liga Indonesia

7 Pesepakbola Indonesia Paling Setia yang Masih Aktif Bermain

Rabu, 18 April 2018 16:39 WIB
Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Ismed Sofyan dan Atep. Copyright: © INDOSPORT
Ismed Sofyan dan Atep.

Transfer pemain adalah hal umum pada sepakbola. Di zaman modern ini tak banyak pesepakbola yang setia pada satu klub terutama saat mendapat ditawarkan dengan uang melimpah dari klub yang meminatinya. Banyak pemain sepakbola yang memutuskan untuk pergi berkelana dari satu klub ke klub lainnya dengan alasan tersebut.

Ini adalah era di mana uang adalah yang terpenting. Banyak superstar telah menunjukkan bahwa prestasi atau kompetisi bukanlah hal yang paling utama dalam menentukan di mana mereka akan bermain, tapi besaran gaji yag akan mereka terima.

Contoh saja Radamel Falcao, Carlos Tevez, dan Samuel Eto'o yang acap disebut sebagai pesepakbola mata duitan karena sering berganti-ganti klub. Namun ada juga pesepakbola yang sangat loyal terhadap klubnya, dimana mereka membela satu klub dalam kurun 5 hingga lebih dari 10 tahun.

© INDOSPORT
Radamel Falcao, striker AS Monaco. Copyright: INDOSPORTRadamel Falcao, striker AS Monaco.

Sebut saja Paolo Maldini, Carles Puyol, hingga Ryan Giggs adalah contoh pemain bola paling loyal bagi klubnya karena mereka menghabiskan kariernya hanya pada satu klub saja sampai mereka penisun.

Tak hanya di Eropa, ada beberapa pemain Indonesia yang terkenal loyal dalam satu klub. Meski sepakbola Indonesia terus dilanda masalah tertundanya gaji, akan tetapi uang ternyata bisa dikalahkan oleh si pemain terhadap suatu klub.

Siapakah pemain Indonesia yang jarang pindah ataupun loyal terhadap satu klub? Berikut INDOSPORT memaparkan 7 pemain Indonesia yang paling setia?

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%