Liga Indonesia

2 Provinsi Ini Jadi 'Gudang' Stadion Megah di Indonesia

Kamis, 10 Mei 2018 11:07 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Istimewa
Stadion Patriot, Pakansari dan Si Jalak Harupa. Copyright: © INDOSPORT/Istimewa
Stadion Patriot, Pakansari dan Si Jalak Harupa.

Tidak diragukan lagi bila Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta merupakan stadion termegah di Tanah Air. Stadion yang berdiri sejak tahun 1962 itu seakan menjadi simbol utama arena olahraga Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, SUGBK belum lama ini baru saja direnovasi oleh pemerintah dengan memakan biaya Rp760 miliar. Itu membuat SUGBK terlihat kian mewah, dengan kapasitas 76.152 kursi dan memiliki setidaknya 640 buah lampu LED dengan total berkekuatan 3.500 lux.

Nantinya, SUGBK akan menjadi tempat acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Namun megahnya SUGBK dalam waktu dekat tidak dapat dirasakan oleh klub-klub sepakbola maupun Timnas Indonesia karena hanya akan digunakan sebagai arena atletik saja.

Meskipun begitu, kita pernah merasakan atau setidaknya melihat atmosfer sepakbola digelar di SUGBK saat Persija menggunakannya dalam beberapa kesempatan, seperti di partai pembuka Gojek Liga 1 2018, dan saat membantai Johor Darul Ta’zim di ajang Piala AFC 2018.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Koreografi Jakmania sebelum laga dimulai. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTKoreografi Jakmania sebelum laga dimulai di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dengan kemewahan yang dimiliki oleh SUGBK, banyak orang awam menganggap bahwa stadion di Senayan, Jakarta itu merupakan satu-satunya stadion termegah di Indonesia. Namun nyatanya tidak demikian.

Benar adanya bila Jakarta merupakan tempat di mana terdapat stadion termegah di Indonesia, yakni SUGBK sendiri. Tapi kenyataannya, terdapat dua provinsi di Indonesia yang menjadi ‘gudang’ stadion megah di Tanah Air.

Provinsi apa saja itu? Berikut INDOSPORT rangkum untuk Anda, pembaca setia kami.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
6%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
11%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
11%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
11%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
6%
IDS Emoticon Marah
Marah
6%