Liga Indonesia

10 Kiper Asing Terbaik yang Pernah Berkiprah di Liga Indonesia

Minggu, 13 Mei 2018 19:25 WIB
Editor: Isman Fadil
© Indosport.com
Kiper asing yang pernah main di Indonesia Copyright: © Indosport.com
Kiper asing yang pernah main di Indonesia

Kiprah pemain asing di Indonesia sedikit banyak memengaruhi kemajuan sepakbola Tanah Air. Faktor skill, pengalaman dan profesionalisme mereka bisa ditularkan ke pemain lokal.

Kehadiran pemain asing di Liga Indonesia diharapkan mampu menambah kualitas liga itu sendiri dan bisa dijadikan contoh agar lebih maju, baik secara individu maupun tim. Selain itu, dari sisi non teknis, legiun asing juga menarik minat penonton ke stadion maupun melalui layar kaca.

Tidak seperti pemain di posisi lain, pemain asing yang berposisi penjaga gawang, sampai Liga 1 tahun 2018 ini masih dapat dihitung jari. Penyebabnya mungkin karena pelatih-pelatih klub Indonesia lebih percaya dengan kemampuan penjaga gawang dalam negeri. 

Indonesia memang kaya akan kiper-kiper lokal yang punya kemampuan luar biasa. Nama-nama seperti Hermansyah, Hendro Kartiko, Kurnia Sandi, Markus Horison, Kurnia Meiga hingga Andritany Ardhiyasa kerap menghiasi skuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Namun tak jarang klub-klub di Liga Indonesia dari edisi perdana sampai Liga 1 sekarang memilih untuk merekrut kiper asing untuk menjamin keamanan gawang mereka.

Berikut ini INDOSPORT merangkum 10 kiper asing yang pernah dan sedang meniti karier di Liga Indonesia.