In-depth

Andres Escobar: Memori Gelap Piala Dunia, Penembakan Kontroversial, dan Kartel Narkoba

Kamis, 24 Mei 2018 19:00 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Legenda sepakbola Timnas Kolombia, Andres Escobar. Copyright: © Getty Images
Legenda sepakbola Timnas Kolombia, Andres Escobar.

Ajang Piala Dunia 2018 akan segera hadir menghibur para pencinta sepakbola dunia. Rusia sebagai tuan rumah akan siap pula menyambut perhelatannya pada 15 Juni 2018 mendatang.  

Piala Dunia selalu menjadi ajang empat tahunan sepakbola akbar yang tak pernah absen digandrungi masyarakat seluruh dunia. Emosi bercampur jadi satu, mendukung kemenangan bagi negara-negara pesertanya. 

Berbagai keceriaan menjadi warna yang identik dalam setiap penyelenggaraan Piala Dunia. Musik-musik dengan dentuman asyik membangkitkan semangat untuk berjuang meraih kemenangan dan gelar juara. 

Namun momen kegembiraan tak selalu menjadi kenangan yang melekat dalam benak pecinta dunia sepakbola dari ajang Piala Dunia. Karena, di balik itu semua, ada saja kenangan-kenangan kelam yang tersisa dan melekat dalam sejarah. 

Salah satunya adalah nama pesepakbola ternama dunia Andres Escobar. Ia dikenal sebagai bek handal kepunyaan timnas Kolombia dalam Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Sederet kontroversi hingga kini masih menyelimutinya, bahkan sampai akhir hayat Escobar.