Liga Indonesia

Ketika Minimnya Fasilitas Tak Mengubah Antusiasme di Stadion Pancasila

Jumat, 1 Juni 2018 10:51 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Tepat pada hari ini, Jumat 1 Juni 2018, merupakan hari libur nasional untuk seluruh masyarakat Indonesia. Itu dikarenakan tanggal 1 Juni merupakan hari untuk memperingati lahirnya ideologi bangsa, Pancasila.

Sejatinya, hari libur nasional untuk memperingati lahirnya Pancasila sudah diusulkan oleh putri dari Soekarno, Megawati Soekarno Putri. Namun kala itu pemerintahan masih dipegang oleh Susilo Bambang Yudhoyono dan belum terealisasikan.

Pemerintah sendiri baru mengesahkan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati jadinya Pancasila pada era Joko Widodo, di tahun 2016 silam. Masyarakat Indonesia sendiri baru merasakan dampaknya sebagai hari libur nasional pada tahun 2017 lalu, dan kini di tahun 2018.

Sebelumnya, pria nomor satu Indonesia yang kerap disapa Jokowi itu meminta kepada masyarakat Indonesia untuk tidak hanya sekadar memperingati hari Pancasila saja, tapi juga menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

"Tanpa perjuangan, pesan dalam Pancasila tak akan menjelma jadi realitas. Presiden Jokowi mengajak rakyat bersatu padu dan bergotong royong mewujudkan cita-cita itu," ucap Pramono Anung, selaku Sekretaris Kabinet mengutip pidato Jokowi, dilansir dari Kompas.com.