In-depth

Piala Dunia 2018: Volgograd, Kota Angker Bagi Pendukung Timnas Inggris

Jumat, 8 Juni 2018 17:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© pokerrusia.net
Pemandangan Kota Volgograd, Rusia. Copyright: © pokerrusia.net
Pemandangan Kota Volgograd, Rusia.

Terbentang sepanjang 80 km dari utara dan selatan tepi barat Sungai Volga, Kota Volgograd adalah salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Memiliki stadion megah bernama Volgograd Arena, kota bersejarah ini akan menjadi saksi ketatnya persaingan Grup G Piala Dunia yang dihuni Belgia, Inggris, Tunisia, dan Panama. 

Ternyata, jauh sebelum Piala Dunia, kota Volgograd telah kondang akan sejarah Perang Dunia II dahulu. Kota yang  dulu bernama Stalingrad ini menjadi saksi kebrutalan pertempuran Stalingrad di Perang Dunia II di mana Rusia beraliansi dengan Inggris untuk menghancurkan tentara Nazi Jerman. 

Sebuah patung besar bernama Mother Russia pun dibangun menjulang di atas kota ini. Patung berupa wanita menghunuskan pedang tersebut menjadi pengingat salah satu pertempuran berdarah sekaligus penentu di Perang Dunia II.

Kini, puluhan tahun setelah Perang Dunia II, Inggris kembali 'datang' sebagai tamu dalam gelaran sepakbola terakbar, Piala Dunia 2018. Ribuan fans Inggris pun diperkirakan akan memasuki Kota Volgograd saat hari penyelenggaraan tiba. 

Namun, walau memiliki sejarah 'manis' di antara keduanya, ada ancaman bahaya yang menghintai orang-orang Inggris yang ingin mendukung negaranya bertanding. Bagaimana hal ini bisa terjadi?