In-depth

Cara Menentukan Tim yang Lolos dari Fase Grup Piala Dunia 2018

Kamis, 21 Juni 2018 08:49 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT.com
Logo Piala Dunia 2018 Copyright: © INDOSPORT.com
Logo Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 mulai memasuki matchday kedua. Bagi beberapa negara peserta, hitung-hitungan untuk lolos ke fase gugur sudah dimulai. 

Beberapa hasil pertandingan, membuat skema lolos sejumlah tim bisa saja ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah pertandingan antara negara lain. 

Contohnya di Grup B, Spanyol dan Portugal sama-sama mengoleksi 4 poin hasil dari 1 kemenangan dan 1 hasil imbang. Kedua tim hanya membutuhkan hasil seri di pertandingan ke-3 untuk lolos ke babak 16 besar. 

Sedangkan bagi Iran, ada dua kemungkinan untuk lolos. Pertama, Iran menang atas Portugal di laga terakhir. Kedua, Iran meraih hasil imbang melawan Portugal, dan disaat bersamaan Spanyol kalah dari Maroko dengan selisih gol lebih dari 1 (2-0, 3-1, 4-2, dst). 

Jika Spanyol hanya kalah dengan selisih satu gol dari Maroko (1-0, 2-1, 3-2, dst),  dan Iran imbang dengan skor kurang dari 3-3 melawan Portugal, maka Spanyol yang akan lolos ke babak 16 besar meski meraih poin yang sama dengan Iran. Karena, Spanyol sejauh ini sudah mencetak 4 gol, dan Iran baru mencetak 1 gol. Sedangkan bagi Maroko yang sudah dua kali kalah, dipastikan tersingkir karena sudah pasti tak akan bisa mengejar 4 poin milik Spanyol dan Portugal. 

Skema dan hitung-hitungan seperti di atas masih akan terjadi di grup lain. Untuk itu, INDOSPORT menyajikan peraturan yang diberikan oleh FIFA dalam menentukan tim yang lolos dari fase grup Piala Dunia 2018.