Bola Internasional

5 Fakta Wasit Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Minggu, 24 Juni 2018 15:46 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© The Sun
Wasit pemimpin laga Jerman vs Meksiko di Piala Dunia 2018, Alireza Faghani. Copyright: © The Sun
Wasit pemimpin laga Jerman vs Meksiko di Piala Dunia 2018, Alireza Faghani.

Dalam banyak pertandingan, wasit menjadi salah satu sosok yang paling penting posisinya. Wasit sebagai pengadil di lapangan memiliki wewenang untuk mengatur proses berjalannya sebuah pertandingan, salah satunya sepakbola. 

Dengan wewenang yang dipegangnya sebagai seorang wasit, sosoknya menjadi diharapkan oleh para peserta laga untuk mengambil keputusan paling adil ketika terjadi masalah atau perselisihan kala berjalannya sebuah pertandingan. 

Namun, wasit sendiri bisa menjadi momok yang mengerikan sekaligus kontroversial ketika keputusan yang diambilnya nyatanya bukan seperti yang diharapan. Bahkan sejumlah skuat sepakbola di dunia nasibnya bisa jungkir balik di lapangan karena keputusan wasit yang tak adil. 

Salah satunya adalah wasit paling kontroversial di sepanjang sejarah Piala Dunia, Byron Moreno. Wasit asal Ekuador tersebut mencatatkan begitu banyak kisah kontroversial yang membuat dirinya benar-benar menjadi sosok wasit paling dibenci di dunia sepakbola.

Berikut INDOSPORT berhasil mengumpulkan 5 fakta Byron Moreno, wasit yang paling kontroversial di sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia.