Bola Internasional

Mengejutkan, Ini yang Dilakukan Fans Jerman Usai Tersingkir di Piala Dunia 2018?

Kamis, 5 Juli 2018 08:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Para penggemar Jerman tentu saja masih merasa sakit hati melihat tim kebanggaan mereka harus tersingkir secara mengenaskan di babak grup Piala Dunia 2018 Rusia. Setelah turnamen musim panas ini mulai memasuki babak perempatfinal, banyak yang masih penasaran apa yang dilakukan fans Der Panzer ini sesudah timnya angkat koper.

Banyak yang percaya bahwa para penggemar Jerman ini masih menangis meratapi nasib timnya, namun ada juga yang percaya mereka mengalihkan ke liburan musim panas, dan bahkan masih setia menonton pertandingan di Piala Dunia.

Sebuah survei online pun dilakukan oleh Rheinische Post dengan menanyai lebih dari 5.000 orang apakah mereka terus menonton Piala Dunia meskipun tidak ada Jerman di sana.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Hasil survei seperti yang dilansir DW menyatakan sebanyak 42 persen yang mengatakan mereka akan terus menonton Piala Dunia tanpa Jerman, sementara itu hampir 20 persen mengatakan mereka sepertinya kurang suka menonton, dan sebanyak 12 persen mengatakan mereka pasti tidak akan menonton lagi.

Survei tersebut kemudian menanyai mereka yang masih menonton, kepada siapa dukungan mereka berikan. Hampir seluruhnya mengatakan mereka ingin juara dunia berikutnya berasal dari Eropa.

Bisa dipahami bahwa banyak penggemar Jerman tidak bersimpati terhadap Brasil, Uruguay ataupun Rusia.

© INDOSPORT
Ekspresi kekecewaan Mats Hummels (kanan) dan Mario Gomez usai kekalahan Jerman dari Korea Selatan. Copyright: INDOSPORTEkspresi kekecewaan Mats Hummels (kanan) dan Mario Gomez usai kekalahan Jerman dari Korea Selatan.

Survei lain dilakukan oleh berita mingguan Stern, dengan menanyai apa yang akan didukung penggemar Jerman selanjutnya. Dua puluh lima persen dari mereka mengatakan akan mendukung Belgia, 15 persen mendukung Kroasia dan 10 persen mengakui mendukung Inggris.

Memang tidak bisa dipungkiri, keluarnya Jerman dari Piala Dunia justru malah tidak mendapat simpati dari penggemar di Eropa. Seperti yang dilakukan psikolog Lea Boecker dari Cologne University dengan melakukan survei mini terhadap 131 fans asing, yang kebanyakan dari Inggris.

Dari mereka, Boecker menyimpulkan bahwa, “Kegagalan orang atau tim dengan status tinggi yang tampak dominan menjadi penyebab schadenfeude. Yang jelas, bagi sebagian tim bawahan lebih disukai daripada yang difavoritkan.”

Berikut Tim-tim yang Telah Lolos ke Perempatfinal Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.