Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Jerman Terdepak, Nasib Ozil Terancam

Senin, 9 Juli 2018 13:49 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Mesut Ozil tampak kesal usai Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Mesut Ozil tampak kesal usai Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Juara bertahan Jerman secara memalukan tersingkir dari Piala Dunia 2018. Datang dengan sederet pemain mahal kelas dunia, mereka justru pulang lebih awal karena menelan dua kekalahan (atas Meksiko dan Korea Selatan).

Tetapi, pulangnya Jerman lebih awal juga menimbulkan masalah baru. Yakni nasib Mesut Ozil. Desakan agar pemain Arsenal ini dipecat dari tim Panser disuarakan President DFB (PSSI-nya Jerman) Reinhard Grindel.

Ozil menjadi sasaran empuk karena tampil mengecewakan selama Piala Dunia. Selain itu, pemain keturunan Turki ini bersama rekannya yang juga berdarah Turki Ilkay Gundogan berfoto dengan President Turki Reccep Tayip Erdogan.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Grindel sendiri awalnya mendukung keputusan pelatih Joachim Low memasukkan Ozil ke dalam skuat Die Mannschaft. Namun, setelah penampilannya di bawah ekspektasi dan Jerman tersingkit, Grindel nampaknya berubah pikiran.

Manajer DFB yang legenda Timnas Jerman Oliver Bierhoff juga mendukung langkah sang presiden federasi. Bierhoff mengatakan sikap Ozil yang tidak memberi klarifikasi apapun terkait fotonya bersama Erdogan yang viral menunjukkan bahwa eks Real Madrid ini harus segera didepak dari tim nasional.

Sementara ayah sang bintang Mustafa, beranggapan putranya menjadi korban perundungan media dan fans menyusul gagalnya Jerman. Ini karena Ozil lebih mempunyai nama besar dan reputasi mentereng dibanding Gundogan. Ozil sudah memperkuat Jerman 92 kali, sementara rekannya yang bermain di Manchester City baru memperoleh 27 caps bersama negaranya.

“Mesut kecewa dan merasa diserang. Dia sudah bermain untuk tim nasional selama sembilan tahun dan dia sudah berkontribusi besar bagi negaranya. Jika saya ada di posisinya, saya akan pensiun,” ujar Mustafa sebagaimana dilansir DW.

Berikut Jadwal Babak Semifinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA