Bola Internasional

Siapa Harry Maguire? Dari Penonton Euro 2016 hingga Pahlawan Inggris di Piala Dunia 2018

Selasa, 10 Juli 2018 10:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© BBC
Harry Maguire timnas Inggris Copyright: © BBC
Harry Maguire timnas Inggris

Dunia sepakbola kini tidak bisa melupakan sosok Harry Maguire yang menjadi pahlawan Timnas Inggris untuk mengantarkan tim ke semifinal Piala Dunia 2018.

Bintang Leichester City itu melesakkan satu sundulan ke gawang Swedia pada babak perempatfinal pada hari Minggu (08/07/18).

Golnya tersebut membuka keunggulan disusul oleh Dele Alli yang mlengkapi gol kemenangan menjadi 2-0 dan mengantarkan The Three Lions ke semifinal Piala Dunia pertama kali mereka sejak tahun 1990.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Maguire berubah menjadi pahlawan hanya dalam semalam setelah di beberapa pertandingan sebelumnya, sosoknya tidak begitu terlihat. Tidak ada yang menyangka bahwa dua tahun lalu, Maguire hanyalah penonton ketika Inggris bermain di Euro 2016 di Prancis.

Pemain berusia 25 tahun tersebut telah merebut hati jutaan pendukung dengan sikapnya yang ramah dan humoris serta baik hati, hal ini terungkap dalam berbagai tulisannya di media sosial.

Seorang pengagum bahkan menjulukinya ‘Slabhead’ setelah striker Jamie Vardy memecahkan ketegangan di konferensi pers dengan bertanya, “Ini Jamie Vardy dari Vary Express. Seberapa besar diameter kepala Anda?”

© Mirror UK
Harry Maguire dan adiknya Daissy saat nonton Inggris bermain di Euro 2016 di Prancis Copyright: Mirror UKHarry Maguire dan adiknya Daissy saat nonton Inggris bermain di Euro 2016 di Prancis

Menjelang semifinal esok hari melawan Kroasia, Maguire telah memposting serangkaian foto dirinya bersama keluarganya, termasuk dirinya berpakaian kostum karakter komik Ali G.

Bintang Leicester City senilai 17 juta poundsterling atau Rp323 miliar tersebut sebelumnya datang ke Euro 2016 sebagai pendukung dengan dua saudarannya, Laurence dan Joe, yang juga pesepakbola. Kini ‘Keluarga Maguire’ datang ke Rusia untuk menonton Three Lions dengan Harry bersama Timnass.  

Saudaranya, Laurence berusia 21 tahun bermain untuk Chesterfield dan Joe berusia 22 tahun bermain untuk Fleetwood Town, sempat tertangkap kamera menangis di tribun Volgograd usai kemenangan Inggris 2-1 atas Tunisia.

Dalam wawancaranya beberapa waktu lalu, Maguire mengingat perjalanannya ke Euro 2016, “Sudah dua tahun yang luar biassa. Cukup gila untuk pergi dan menonton Inggris, dan kemudian keluarga saya pergi dan menonton saya di Piala Dunia. Mereka sangat bangga,” tutur Maguire dilansir Mirror UK.

© Mirror UK
Keluarga Harry Maguire saat nonton Piala Dunia 2018 di Rusia Copyright: Mirror UKKeluarga Harry Maguire saat nonton Piala Dunia 2018 di Rusia

Tak hanya keluarga yang mendukungnya, bahkan para penggemar juga menyatakan dukungannya di media sosial, beberapa bahkan memposting meme bernada positif untuk sosok Maguire.

Jurnalis Daily Mail yang juga bernama Maguire, Kevin mentweet pemain Inggris itu, “Saya punya seorang putra bernama Harry Maguire… momen yang baik untuk menyebutkannya.”

Penyiar TV nasional Inggris, Fazial Khamisa bahkan memberi peringkat tiga tokoh terkenal berawalan Harry, “Peringkat Harry saat ini: 1. Maguire. 2. Kane. 3. Potter.”

Jurnalis The Independent, Ibrahim Salha menuliskan, “Saya benar-benar percaya bahwa jika sebuah asteroid meluncur ke bumi, Harry Maguire akan muncul entah dari mana dan menyingkirkannya.”

Komedian Rob Beckett mengatakan sang bintang “pada dasranya adalah Bobby Moore dengan tubuh Badak Putih.”

Maguire sendiri sebelumnya telah menge-tweet meminta tetangga untuk meletakkan sampahnya saat dia sibuk dengan pertandingan terbesar Inggris pertama sejak 28 tahun silam.

Berikut Jadwal Lengkap Semifinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.