Bola Internasional

Kebiasaan Bersih-bersih Timnas Jepang Diharapkan Menular

Selasa, 10 Juli 2018 14:15 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Suporter Jepang mengumpulkan sampah usai pertandingan. Copyright: © Getty Images
Suporter Jepang mengumpulkan sampah usai pertandingan.

Rutinitas fans Timnas Jepang ketika membersihkan stadion seusai pertandingan di Piala Dunia 2018 diharapkan dapat menyebar dan ditiru oleh fans sepakbola di negara lain.

Dilansir dari Kyodo News, aksi para fans yang memungut sampah usai menonton pertandingan mendapat banyak apresiasi. Bahkan virus baik ini telah  menular ke fans negara lain.  

"Sudah 10 tahun sejak saya mulai menghadiri pertandingan sepakbola internasional sebagai penonton, tapi ini adalah pertama kalinya saya membersihkan sampah bersama pendukung tim lawan," kata fans asal Prefektur Chiba, Hirokazu Tsunoda.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Ia mengatakan, ketika sedang membersihkan sampah, seorang fans asal Kolombia menghampiri Tsunoda untuk meminta kantong sampah, dan kemudian membantu pendukung Jepang membersihkan tribun di Mordovia Arena, Saransk.

"Saya terkejut karena saya berasumsi bahwa dia hanya ingin tas sampah sebagai suvenir," ujar pria 55 tahun tersebut.

Menurut Tsunoda, kegiatan pembersihan stadion dimulai pada saat Jepang memulai debutnya di Piala Dunia Prancis pada tahun 1998. Pada awalnya, suporter Jepang membawa tas sampah biru agar bisa digunakan memberikan dukungan kepada Timnas.

Namun, secara bertahap, para pendukung mulai menggunakannya bukan hanya untuk memberi dukungan, namun juga mulai memungut sampah yang berserakan. Kebiasaan ini lantas dibawa setiap kali menyaksikan Jepang berlaga di ajang Piala Dunia.

Berikut Jadwal Lengkap Semifinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

 

137